Cara Mengubah Mp4 ke Mp3 dengan FFmpeg

FFmpeg merupakan alat utilitas open source yang bisa digunakan untuk mengedit berbagai hal terhadap video dan audio. Alat ini tidak memiliki GUI, melainkan berjalan melalui perintah command line. FFmpeg juga bisa dipakai untuk mengubah mp4 ke mp3 dengan mudah.

Alat ini sering digunakan pada berbagai website konversi atau penyedia editor video online, itu karena selain mudah untuk penerapannya, juga cepat pada prosesnya. Bahkan mengubah mp4 ke mp3 pun bisa dilakukan dalam beberapa saat saja.

Beberapa tahun yang lalu, Blog Second telah menjelaskan cara untuk memotong video menggunakan alat ini. Dan saat ini, saya ingin menjelaskan bagaimana cara mengubah file video menjadi file musik. Silakan simak dengan baik mulai dari sini.

Tutorial Mengubah Mp4 ke Mp3 Menggunakan FFmpeg

Ada beberapa tahapan yang harus kamu ikuti untuk melakukannya. Dan jangan khawatir, karena seluruh tahapan tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hanya membutuhkan kurang lebih 5 menit saja, dan kamu sudah siap untuk melakukan konversi.

1. Memasang FFmpeg

FFmpeg tersedia untuk OS Windows, Linux, dan Mac OS. Silakan download pada situs web FFmpeg dan setelah itu instal pada sistem. Setiap OS memiliki cara instalasi yang berbeda-beda, jadi saya harap kamu dapat mengikuti intruksi yang ada pada halaman download.

OS yang Didukung FFmpeg

Ketika ffmpeg telah terpasang, kamu bisa mencoba mengetik ffmpeg -version pada command line atau terminal, sehingga nantinya akan muncul informasi versi dari alat tersebut. Jika di Windows, harap tambah format exe di akhir, menjadi seperti ini ffmpeg.exe -version.

Nengecek Versi FFmpeg

2. Menyiapkan Video yang Akan Dikonversi Menjadi Musik

Tahap selanjutnya, silakan siapkan videonya. Dalam tutorial ini menggunakan video mp4 karena format tersebut lebih populer dan sering dipakai dibanding format lainnya.

Dan apabila sudah, silakan buka command line atau terminal pada direktori dimana video itu telah kamu siapkan. Atau bisa langsung memakai perintah cd [folder] untuk menuju direktori video berasal.

Contohnya video berada pada direktori /home/user/video/, maka perintah di terminal adalah:

cd /home/user/video/

Dan pada Windows juga menggunakan perintah yang sama, hanya perlu mencocokkan direktorinya saja. Dan mari kita lanjut ke langkah terakhir.

3. Konversi Mp4 ke Mp3

Tahap terakhir adalah proses konversinya. Jika kamu telah mengikuti langkah dari pertama sampai tahap ini, maka yang perlu kamu lakukan saat ini hanyalah menerapkan perintah dibawah ini:

ffmpeg -i NAMAVIDEO.mp4 -f mp3 -ab 128000 -vn hasil.mp3

Jangan lupa untuk mengubah NAMAVIDEO.mp4 pada perintah diatas dengan nama video sesuai yang ingin dikonversi. Dan untuk pengguna Windows, jangan lupa untuk menambahkan format exe seperti pada contoh dibagian atas tadi.

Setelah proses konversi selesai, nantinya hasilnya akan muncul sebagai nama hasil.mp3 pada direktori sama dengan video.

Oh iya, kamu juga bisa mengganti bitrate mp3 pada parameter -ab. Dan diatas telah diatur pada bitrate 128Kbps, tapi jika kamu ingin menjadikannya 256Kbps, silakan atur itu kembali menjadi 256000.

Baca juga: Konversi Gambar ke Base64 dan Kegunaannya pada Website


Sekian dari tutorial ini, saya harap kamu berhasil mengikuti tutorial diatas untuk mengubah mp4 menjadi mp3. Cara inilah yang biasa dipakai situs web konversi video, namun bedanya dari sistem yang menjalankan, alias pengguna tidak mengetik perintah secara manual.

Jika kamu memiliki kendala saat mengikuti tutorial diatas, langsung saja untuk menuliskannya di kolom komentar untuk mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.