Cara Menonaktifkan Efek Animasi di Windows 11

Pada Windows 11, banyak sekali visual efek atau animasi yang dapat kamu temui. Seperti membuka suatu aplikasi, menutup, me-minimalkan, dan masih banyak lagi. Dengan adanya efek tersebut, pastinya melakukan beberapa tindakan di komputer akan terasa halus.

Windows juga menyediakan fitur untuk menonaktifkan efek animasi tersebut, dan hal ini sangat cocok bagi pengguna yang merasa ingin cepat dalam melakukan berbagai tindakan di komputer tanpa harus menyaksikan animasi lagi.

Tahukah kamu bahwa dengan menonaktifkan efek animasi juga bisa mempercepat kinerja komputer lho. Bahkan di beberapa program menyarankan untuk menonaktifkan efek animasi ini agar sistem tidak terbebani sehingga mengakibatkan lag (macet). Kecuali jika spesifikasi komputer tinggi, tentunya takkan ada masalah dengan mengaktifkan efek animasi.

Mematikan Efek Animasi di Windows 11

Tutorial ini dikhususkan untuk pengguna Windows 11, jadi versi dibawahnya mungkin memiliki langkah yang berbeda walau itu hanya sebatas menu. Dan tak perlu menunggu lama lagi, berikut ini tata cara untuk menonaktifkan efek animasi tersebut.

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik menu Accessibility.

    Klik Menu Accessibility

  3. Kemudian klik pada menu Visual Effect.

    Klik Menu Visual Effect

  4. Pada bagian Animation effect, silakan nonaktifkan pada opsi disebelahnya.

    Menonaktifkan Efek Animasi di Windows 11

  5. Selesai, efek animasi berhasil di-nonaktifkan.

Kini takkan ada lagi efek animasi lagi yang membuat kamu menunggu untuk setiap tindakan, alias segalanya berlangsung sangat cepat layaknya tak ada loading dalam beberapa milidetik.

Setelan animasi yang disediakan pada Windows 11 sangatlah terbatas. Apabila pengguna dapat menyetel waktu animasi lebih cepat atau lambat layaknya di ponsel Android, pastinya hal tersebut akan lebih bagus lagi.

Tetapi kemungkinan hal tersebut juga tidak mustahil di Windows dengan mengedit sesuatu pada Registry, akan tetapi hal tersebut sangat beresiko untuk dilakukan, mengingat pengguna harus mengaturnya secara manual.

Baca juga: Cara Menampilkan Opsi Refresh pada File Explorer Windows 11

Efek Animasi yang Dinonaktifkan Hanya Berlaku di Luar Aplikasi

Ketahui juga bahwa setelan efek animasi tersebut hanya berfungsi pada Windows saja. Itu tandanya fitur tersebut takkan berfungsi didalam aplikasi. Sebagai contohnya di browser, terkadang memiliki setelan animasinya sendiri.

Jadi apabila kamu masih melihat animasi ketika berada didalam aplikasi, hal tersebut disebabkan karena aplikasi tersebut menerapkan animasinya sendiri, alias bukan dari Windows. Sebagian aplikasi menyediakan opsi untuk menononaktifkannya, tapi itu sangat jarang. Karena efek animasi tersebut dianggap merupakan gaya khas tersendiri pada suatu aplikasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.