Solusi Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Solusi Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Pasti menjengkelkan sekali bukan, jika sedang asyik-asyiknya bermain HP, tapi tiba-tiba muncul tulisan “tidak ada layanan” di pojok atas layar. Padahal kondisinya butuh sekali jaringan untuk internetan, bermain game, atau mungkin sedang chatting.

Secara umum, notif tidak ada layanan yang muncul adalah kondisi di mana sistem ponsel tidak dapat mendeteksi adanya sinyal pada kartu SIM. Entah itu akibat trouble dari sisi operator, kesalahan teknis dari sisi ponsel, kartu SIM hangus atau terblokir, dan lain sebagainya. Tapi kamu jangan khawatir, karena masalah ini masih dapat di atasi kok.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Sebelum membahas tentang solusinya, ketahui dulu beberapa penyebab singkat ini untuk mempermudah kamu dalam mengatasi masalahnya nanti. Berikut ini beberapa penyebab tersebut:

  • Jangkauan jaringan operator lemah.
  • Bug sistem operasi.
  • Kartu SIM kotor atau rusak.
  • Konektor atau komponen HP rusak.

Jadi ada sekitar 4 hal yang menjadi penyebab mengapa kartu SIM tidak bisa digunakan dan membuat sistem menampilkan tidak ada layanan di bagian atas. Tidak perlu berfikiran terdapat kerusakan terlebih dahulu, karena siapa tahu masalah yang kamu hadapi sangat ringan, sehingga bisa diatasi dengan cara yang paling mudah.

Solusi Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kendala ini, silakan ikuti mulai dari yang pertama supaya hasilnya efektif:

1. Nyalakan Mode Pesawat Sementara Waktu

Cara yang pertama ini bisa membantu ponsel untuk memperbarui koneksi jaringan seluler dengan cepat. Dan caranya pun sangat mudah, cukup geser layar dari atas ke bawah, lalu tekan ikon mode pesawat. Tunggu satu menit, lalu tekan lagi untuk mematikannya. Kemudian cek apakah kartu SIM sudah menampilkan sinyal atau belum.

2. Restart Ponsel

Dengan me-restart HP, kita bisa memperbaiki bug atau kesalahan sementara yang mungkin ada di sistem operasi. Caranya yaitu cukup tekan dan tahan tombol power, lalu pilih opsi restart atau reboot. Tunggu sampai HP menyala kembali, lalu cek apakah kartu SIM sudah ada layanan atau belum.

3. Lepas dan Pasang Kembali Kartu SIM

Solusi selanjutnya dapat membantu memastikan bahwa kartu SIM telah terpasang dengan benar dan tidak longgar. Jadi silakan matikan HP terlebih dahulu, lalu buka bagian kartu SIM menggunakan peniti atau jarum kecil.

Kemudian lepas kartu SIM dari slotnya, lalu pasang kembali dengan hati-hati. Pastikan kartu SIM terkunci dengan baik dan tidak bergeser. Setelah itu pasang kembali tempat kartu SIM pada ponsel dan nyalakan HP. Cek apakah kartu SIM sudah ada layanan atau belum.

Baca juga: Cara Mengecek Umur Kartu Telkomsel

4. Cari Jaringan atau Sinyal Secara Manual

Secara default, semua kartu SIM dapat mencari jaringannya secara otomatis, tapi apabila proses otomatis itu tidak dapat dilakukan, maka kamu dapat melakukannya secara manual.

Untuk melakukannya, silakan buka pengaturan HP, lalu pilih menu jaringan seluler, dan pilih operator jaringan, kemudian pilih mode manual. Tunggu sampai HP mencari jaringan yang tersedia, lalu pilih operator sesuai yang kamu gunakan.

Setelah memilih jaringannya, seharusnya sinyal dapat langsung muncul dengan baik. Namun apabila mencari menggunakan mode manual tidak ditemukan jaringan apapun, silakan lanjut ke langkah terakhir.

5. Bersihkan Kartu SIM dan Konektor

Siapa tahu terdapat kotoran atau debu yang mungkin menempel pada kartu SIM atau konektor di HP sehingga membuat sistem sulit atau gagal dalam mendeteksinya. Jadi langsung saja, silakan matikan HP terlebih dahulu, lalu lepas bagian kartu SIM memakai jarum.

Setelah itu lepaskan kartu SIM dari slotnya, dan bersihkan secara perlahan pin tembaga pada kartu SIM dengan karet penghapus atau cotton bud. Penting untuk diingat, jangan gunakan air atau cairan lainnya.

Jika memungkinkan, bersihkan pula konektor di ponsel (khusus ponsel yang dapat dilepas baterainya) menggunakan kain tipis atau cotton bud. Lalu pasang kembali wadah kartu SIM ke ponsel dan hidupkan ponsel untuk mengetahui hasilnya.

Kesimpulan

Beberapa solusi di atas dapat kamu coba secara mandiri, mulai dari yang pertama sampai terakhir. Selama masalah kartu SIM tidak terlalu parah, misalnya terjadi kerusakan di sisi hardware, maka solusi di atas dapat untuk mengatasinya.

Tapi apabila memang terdapat kerusakan dalam sisi hardware, maka saya sarankan untuk dibawa ke service center atau tukang servis HP terdekat supaya mendapat penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *