Cara Membuka Port Lokal ke Publik dengan Ngrok

Ngrok adalah layanan reverse proxy yang mampu meng-ekspos server port lokal ke publik (internet). Ini sangat cocok digunakan untuk me-monitoring sesuatu pada port tertentu atau melewati firewall yang ada di komputer terhadap pembatasan port yang terbuka.

Fitur yang disediakan Ngrok nyaris sama seperti menggunakan SSH Local Port Forwarding, namun penggunaannya jauh lebih mudah pada Ngrok. Selain itu semua pengguna juga bisa memakainya secara gratis.

Yang diperlukan untuk mulai menggunakannya adalah mendaftar pada situs web Ngrok dan kemudian mengambil Authtoken untuk digunakan nanti dalam membuka port lokal. Untuk cara lengkapnya, silakan simak terus artikel ini.

Menyiapkan Akun Ngrok

Satu hal yang penting pada penggunaan Ngrok adalah Authtoken. Jadi setelah kamu mendaftar akun dan mem-verifikasinya, silakan lanjutkan untuk mendapatkan token tersebut dengan menekan menu Your Authtoken pada halaman dasbor Ngrok.

Mengambil Auth Token Ngrok

Nantinya akan muncul token akun kamu, silakan untuk disalin terlebih dahulu.

Dan pada tahap berikutnya, silakan download program Ngrok Client sesuai pada perangkat yang kamu pakai sekarang.

Download Ngrok Client Sesuai Perangkat yang Digunakan

Membuka Port Lokal dengan Ngrok

Program client yang sudah di-unduh, silakan langsung di-ekstrak. Disini saya contohkan menggunakan Windows dalam melakukannya, walaupun begitu sebenarnya perintahnya sama saja ketika memakai di OS lain, hanya berbeda format file executable saja.

Langkah selanjutnya silakan buka Command Prompt pada direktori dimana kamu meng-ekstrak Ngrok tadi. Dan setelah isikan seperti perintah dibawah ini:

ngrok config add-authtoken TOKEN

Atur Konfigurasi Authtoken di Ngrok

Silakan ubah TOKEN dengan Authtoken yang telah kamu salin tadi. Dan kemudian jalankan perintahnya untuk mengaplikasikan pengaturannya. Hal ini bertujuan untuk menyetel Ngrok supaya menggunakan Authtoken tersebut pada file konfigurasi YAML.

Dan pada akhirnya, kamu siap untuk membuka port lokal, berikut ini contohnya:

ngrok.exe http 8000

Membuka Port Lokal dengan Ngrok

Perintah diatas merupakan contoh untuk membuka port 8000 sebagai akses HTTP (website). Silakan ubah portnya sesuai yang ingin kamu buka. Dan selain protokol HTTP, kamu juga bisa menggunakan TCP untuk membuka segala port.

ngrok.exe tcp 8000

Mengubah Server Negara Ngrok

Ngrok memiliki banyak server negara yang siap untuk digunakan. Dan bagi pengguna Indonesia, server yang paling baik untuk digunakan adalah Singapore. Berikut ini contoh perintah untuk mengubah server negara di Ngrok:

ngrok.exe http --region=ap 8000

Server dengan kode ap (Asia-Pacific) terletak pada Singapore. Adapun server Jepang (jp) namun latensi yang saya dapat begitu tinggi. Maka dari itu saya lebih menyarankan untuk menggunakan server Singapore.

Mengamankan Port yang Terbuka di Ngrok

Ketika port telah terbuka secara publik, itu tandanya siapa saja bisa mengaksesnya, baik itu sadar ataupun tidak sadar. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, bukankah lebih baik untuk mengamankannya?

Satu-satunya cara untuk mengamankan adalah menambah autentikasi basic. Jadi setiap kali mengaksesnya, pengguna akan diminta untuk menuliskan username dan password terlebih dahulu. Berikut ini perintah:

ngrok.exe http --basic-auth='username:password' 8000

Silakan ubah username dan password sesuai yang ingin dipakai. Perintah diatas juga bisa diterapkan pada protokol TCP juga, contohnya ketika memakai Ngrok untuk membuka semacam proxy, jadi akan membutuhkan autentikasi terlebih dahulu supaya dapat membukanya.

Baca juga: Tutorial Remote Port Forwarding Menggunakan SSH

Batasan untuk Akun Gratis

Satu token dapat digunakan untuk membuka dua port lokal, namun harus berbeda region. Misalnya satu port dipakai ke region AP, dan satunya ke JP. Jika membeli paket premium, batsan ini akan dihilangkan.

Selain itu pada paket premium juga tersedia opsi untuk mengubah domain sendiri. Pastinya privasi pengguna akan lebih terjaga karena tidak mengandalkan domain yang disediakan oleh ngrok lagi.

Sebenarnya Ngrok juga bisa digunakan tanpa mendaftar akun lho, akan tetapi batasannya adalah jangka timeout terhadap tunnel yang terbuka. Sedangkan mendaftar akun, tak ada lagi batasan timeout tersebut, dan bisa digunakan selama ingin tetap membuka portnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.