Solusi Mengatasi SMS Verifikasi Twitter Tidak Masuk

Solusi Mengatasi SMS Verifikasi Twitter Tidak Masuk

Setiap sosial media memiliki keamanan yang ketat untuk menjaga akun pengguna tetap aman. Seperti di Twitter, ketika pengguna masuk menggunakan perangkat atau browser yang tidak biasa digunakan, akan diminta untuk menuliskan kode verifikasi yang dikirim lewat SMS.

Tapi bagaimana jika kode verifikasi itu tidak masuk atau tidak kunjung diterima melalui SMS? Pastinya tak ada cara untuk masuk ke akun. Apalagi jika kondisinya keamanan dua faktor yang diaktifkan hanya dari nomor telepon saja, alias tidak melalui aplikasi otentikator.

Hal ini rata-rata disebabkan dari kartu seluler yang kamu gunakan untuk menerima kode verifikasi. Karena dari pengalaman saya sendiri ada beberapa operator seluler yang sulit atau lama dalam menerima kode verifikasi pada suatu website. Dan jika masalahnya ada di Twitter, masih ada alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Mengatasi Kode Verifikasi SMS Twitter Tidak Masuk

Twitter memberikan akses untuk memulihkan akun yang bermasalah, salah satunya seperti kendala ini, baik itu nomornya masih keadaan aktif atau mati. Namun pihak Twitter membutuhkan verifikasi manual dan memerlukan identitas lengkap untuk memastikan bahwa kamu adalah pemilik asli dari akun tersebut.

  1. Buka halaman formulir pelaporan akun Twitter. Silakan di-klik.
  2. Isikan kolom username dan sertakan tanda @ didepannya. Misalnya @r_robyf

    Mengisi Informasi Username dan Alamat Email

  3. Lalu isikan pula Alamat Email dengan akun email yang aktif.
  4. Dan berikan sekilas penjelasan tentang masalah yang dialami pada kolom Jelaskan masalah yang Anda hadapi.

    Mengatasi SMS Verifikasi Twitter Tidak Masuk

  5. Apabila sudah, silakan klik tombol Submit.

Pastikan alamat email yang kamu tulis merupakan akun email yang aktif. Karena nantinya pihak Twitter akan menghubungi kamu melewati pesan email untuk melakukan verifikasi manual. Bahkan meski alamat email tidak sama dengan yang terhubung dengan akun, itu tidak menjadi masalah.

Berapa Lama Pihak Twitter Merespon?

Kurang lebihnya 24 jam selama hari kerja dan paling lambat adalah 3 hari, karena bisa jadi adanya hari libur. Namun rata-rata adalah 24 jam. Dan sekali lagi, mereka akan merespon melalui pesan email.

Apabila menggunakan GMail, bisa saja pesan respon dari Twitter masuk ke folder Sosial, jadi jangan lupa untuk mengecek pada folder tersebut. Dan folder itu pada dasarnya telah di-organisir sistem GMail untuk memermudah pengguna memisahkan pesan email, baik itu pesan biasa, sosial, atau promosi.

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Huruf di Twitter

Bagaimana Proses Verifikasi Manual Berlangsung?

Ketika Tim Twitter telah merespon, kamu akan diminta untuk memberikan detail lengkap terkait informasi akun, hingga melakukan verifikasi foto. Cara ini aman untuk dilakukan dan tidak perlu khawatir gagal selama itu merupakan akun Twitter pribadi kamu.

Jadi cukup ikuti intruksi yang diberikan. Dan ketika mereka menyetujuinya, fitur autentikasi tambahan ini akan dimatikan oleh mereka, sehingga kamu bisa masuk kembali ke akun dengan normal tanpa adanya verifikasi SMS lagi.


Pada kebanyakan sosial media memiliki fitur autentikasi dua faktor menggunakan aplikasi pihak ketiga, misalnya Google Authenticator. Itu merupakan alternatif paling terbaik daripada menggunakan SMS.

Ketahuilah bahwa pihak operator memberantas berbagai macam pesan SMS yang terindikasi spam, sehingga terkadang kode verifikasi yang dikirim oleh sistem Twitter atau sosial media lain memiliki kata yang berbeda-beda, hal tersebut ditujukan untuk melewati sistem anti-spam tersebut.

Jadi ketika SMS verifikasi tidak kunjung masuk ke nomor kamu, itu tandanya pihak operator seluler telah memblokir nomor atau jenis pesan dari Twitter.

Apabila kamu masih ingin menggunakan autentikasi dua faktor pada akun, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, karena itu 100% aman dan mudah untuk diguankan, serta tidak menunggu lama untuk menerima kode, alias instant dan bahkan bisa didapatkan dalam kondisi jaringan offline sekalipun.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.