Cara Rename Banyak File di Windows Secara Berurutan

Mengubah nama terhadap banyak file bukanlah hal yang mudah jika dilakukan satu-persatu. Terkadang seseorang membutuhkan bantuan alat dalam melakukannya dengan cepat, akan tetapi tahukah kamu jika di Windows sebenarnya mampu melakukan pengubahan banyak nama file secara otomatis?

Fitur perubahan nama di Windows ini dapat langsung menyortir file berdasarkan angka, sehingga nantinya hasilnya urut dan tidak acak. Terlebih lagi fitur ini bisa langsung digunakan tanpa perlu mengaktifkan apapun di pengaturan.

Trik Rename Banyak File di Windows Tanpa Program Tambahan

Satu program yang dipakai adalah Windows Explorer. Dan tampaknya cara ini dapat diterapkan di Windows versi lama sampai terkini. Dan berikut ini tata cara melakukannya:

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Seleksi file yang akan diubah namanya.

    Seleksi File yang Akan Diubah Namanya

  3. Kemudian klik tombol F2 pada keyboard.
  4. Dan ubah nama filenya sesuai yang diinginkan.

    Mengubah Nama Banyak File di Windows

  5. Klik tombol ENTER dan lihat hasilnya.

    Cara Rename Banyak File di PC Secara Berurutan

Walau setelah menekan tombol F2 seolah hanya mengubah satu file saja, tapi pada dasarnya nama tersebut akan diterapkan untuk semua file yang terseleksi setelah kamu menekan tombol ENTER. Dan tombol F2 merupakan shortcut untuk me-rename file supaya lebih cepat.

Seluruh file terseleksi yang berhasil diubah namanya akan memiliki nama yang sama, namun terdapat angka berurutan dibelakangnya. Jika sewaktu-waktu kamu salah dalam mengedit nama, silakan klik tombol CTRL+Z untuk mengembalikan seperti semula. Tombol tersebut memiliki kegunaan undo atau memulihkan tindakan.

Baca juga: Cara Mengompres Banyak Video Sekaligus dengan Handbrake

Kegunaan dalam Mengubah Banyak File Sekaligus

Setiap orang pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam mengubah banyak nama file. Namun kebanyakan pengguna menerapkan hal ini untuk merapikan seluruh file yang ada di suatu folder. Misalnya file foto kamera.

Walau ada fitur album, namun sebagian orang lebih suka dalam mengubah nama untuk mengorganisir foto tersebut. Jadi foto tertentu dipisahkan atau diseleksi untuk diubah namanya supaya berbeda dengan foto yang lain.

Sedangkan saya sendiri terkadang memakai fitur ini untuk mengubah nama sequence gambar hasil render untuk dijadikan video.

Adapun program lain yang memiliki fungsional yang nyaris sama, hanya saja perbedaanya adalah perubahan nama file dibelakangnya supaya menjadi unik. Kalau di Windows Explorer perubahan nama unik diberikan angka beserta tanda kurung dibelakang nama file, sedangkan memakai progam lain dapat mengubah itu menjadi sebatas angka saja, abjad, atau lain-lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.