Cara Mengubah Password RDP Windows

Remote Desktop atau biasa dikenal sebagai RDP memiliki kegunaan yang sangat banyak sekali, salah satu yang paling terpenting adalah menjalankan berbagai program dari jarak jauh, bahkan meski dari perangkat ponsel sekalipun.

Kebanyakan orang membeli RDP dari suatu layanan daripada membuat server secara manual, itu karena harganya yang terjangkau dan tidak perlu menginstal apapun. Jadi hanya perlu memasukkan informasi username dan password saja, kemudian pengguna berhasil masuk ke RDP dan bisa langsung mengelola segalanya.

Autentikasi pada RDP hampir sama seperti yang ada di komputer. Dan pengguna dapat dengan bebas mengganti password tersebut sesuai keinginan. Dan di artikel ini akan saya jelaskan langkah mudah untuk mengubah password tersebut.

Mengganti Password di RDP Windows

Ada dua cara yang akan dibagikan disini dalam mengubah password RDP. Menurut saya keduanya sama mudahnya, namun cara pertama jauh lebih cepat dan praktis. Dan tak menunggu panjang lebar lagi, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Ubah Password RDP Menggunakan CTRL ALT END

Klik tombol CTRL+ALT+END pada saat berada di RDP. Dan kemudian akan muncul dialog penuh pada layar, dan silakan pilih menu Change Password.

Ubah Password pada RDP

Nah setelah itu silakan isi password saat ini dan password yang akan diubah pada kolom yang tersedia disana. Hingga pada akhirnya klik tombol ENTER untuk menyimpannya. Mudah sekali bukan?

2. Mengubah Password RDP Melaui Pengaturan

Cara pertama sebenarnya sangat mudah dan juga cepat untuk dilakukan, namun adapula cara alternatif apabila sekiranya kamu kesulitan dalam memasuki menu untuk mengubah password dari kombinasi tombol di keyboard. Jadi cara alternatitfnya adalah mengubahnya langsung dari pengaturan Windows.

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik menu Accounts.
  3. Setelah itu klik menu Sign-In Options.

    Klik Menu Sign In Options

  4. Kemudian klik pada menu Password.

    Klik Menu Password

  5. Akan muncul dialog kecil dibawahnya, klik pada tombol Change.

    Mengubah Password RDP Windows

  6. Sekarang silakan isikan password saat ini dan klik Next.

    Membuat Password RDP yang Baru

  7. Lanjutkan mengisi password yang baru dan konfirmasi password juga.

    Mengkonfirmasi Pembuatan Password RDP Baru

  8. Pada kolom Hint, isi dengan pertanyaan atau semacam clue terhadap password tersebut, supaya mudah mengingat kalau lupa.
  9. Dan tahap terakhir, klik tombol Finish untuk menyimpannya.

Cara kedua memang sedikit panjang untuk dilakukan mengingat itu melalui pengaturan, namun fungsionalnya sama saja dengan cara pertama. Dimana pengguna membutuhkan password saat ini untuk bisa mengubah ke password yang baru.

Dan pada cara kedua terdapat tambahan kolom Hint yang berguna untuk memberi clue terhadap password tersebut apabila sekiranya lupa sewaktu-waktu. Jadi sistem Hint pada Windows ini akan tampil ketika kamu salah dalam menuliskan password selama 2 kali.

Baca juga: Cara Mengubah PORT Original 3389 pada RDP

Kesimpulan

Mengubah password RDP dapat dilakukan dengan mudah dengan seluruh cara diatas, namun cara pertama lebih cepat dan mudah selama RDP mendukung untuk pemanggilan kombinasi tombol tersebut. Jika kombinasi tombol itu membuat konflik antara RDP dan komputer, maka pengguna bisa menggunakan langkah kedua, yaitu melalui pengaturan Windows.

Perubahan password RDP biasanya juga dapat dilakukan melalui layanan penyedia RDP yang sedang dipakai. Atau jika memakai VPS, terkadang ada dokumentasi untuk melakukannya melalui powershell. Dan sebenarnya masih ada banyak cara untuk mengganti password RDP, namun saya rasa kedua cara diatas sudah cukup.

Jika kamu kesulitan pada langkah tertentu terkait tutorial diatas, saya sarankan untuk menuliskan komentar sesuai kendalanya untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.