≡ Menu

Cara Mengubah PORT Original 3389 pada RDP

Cara Mengubah PORT Original 3389 pada RDP

RDP pada umumnya berjalan pada port 3389. Aplikasi client biasanya akan langsung mengenalinya ketika menuliskan host server dan akan langsung mengalihkan pengguna ke proses autentikasi. Namun port pada RDP sebenarnya juga bisa diganti lho layaknya pada VNC.

Dengan mengganti port tersebut, memungkinkan RDP kamu akan tetap aman karena tidak terdeteksi lagi pada port aslinya. Selain untuk keamanan, pergantian port juga bisa dilakukan ketika jaringan yang kamu pakai sedang memblokir akses port ke 3389.

Mengubah port pada RDP tidaklah sulit, kamu hanya perlu menyetel sedikit hal pada bagian Windows Registry. Namun jika kamu melakukan ini pada Windows Server yang diaktifkan dari semacam VPS, misalnya Google Cloud, Azure, atau lain-lain, maka kamu juga harus menyetel firewall port untuk dibuka.

Tutorial Mengubah Port RDP

Keseluruhan ada 2 langkah saja yang perlu kamu lakukan untuk mengubah port pada RDP. Yang pertama adalah proses pengalihan port dari Windows Registry, dan yang kedua adalah proses penambahan firewall pada Windows supaya port yang diinginkan dapat terbuka.

Tak banyak kata lagi, berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengubah port di RDP Windows:

1. Mengganti Port di Windows Registry

  1. Klik tombol WIN+R dan ketik regedit, kemudian ENTER.

    Menuju Windows Registry

  2. Setelah itu menuju direktori berikut:

    HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\Terminal Server\WinStations\RDP-Tcp\

    Menuju Direktori untuk Mengubah Port RDP

  3. Kemudian klik dua kali pada PortNumber.

    Proses Mengganti Port Original RDP

  4. Selanjutnya pilih opsi Decimal dan silakan ubah port 3389 menjadi port baru yang diinginkan.

    Cara Mengubah Port RDP

Setelah melakukan langkah diatas, pada dasarnya Windows Server akan langsung berjalan pada port tersebut pada booting selanjutnya. Namun ini akan menjadi masalah apabila Firewall tidak diatur di Windows untuk port tersebut. Maka dari itu sangat disarankan untuk membuka port baru itu supaya nantinya dapat diakses. Untuk melakukannya, silakan lanjutkan ikuti langkah ke-2.

2. Membuka Port Baru di Windows Firewall

Silakan buka Powershell sebagai Administrator, kemudian ketik perintah dibawah ini untuk membuka port yang baru.

netsh advfirewall firewall add rule name="Open Port 3113" dir=in action=allow protocol=TCP localport= 3113

Sebagai contoh diatas, Saya akan mengubah port RDP original menjadi 3113, jadi silakan ubah port tersebut sesuai yang akan kamu gunakan. Dan ketika kamu selesai menjalankan perintah ini, silakan untuk me-restart RDP.

Baca juga: Cara Membuat RDP Windows di Google Cloud

Menjalankan RDP dengan Port Baru

Setelah berhasil mengubah portnya, kini kamu bisa masuk ke aplikasi client dan menulsikan host RDP bersamaan dengan port yang baru. Jadi penulisan host contohnya seperti berikut:

192.100.123.123:3113

Jika berhasil, pastinya opsi autentikasi akan muncul.

Tapi apabila tidak terhubung, kemungkinkan besar kamu saat ini menggunakan layanan VPS, dimana perlu sekali untuk membuka port pada setelan firewall yang disediakan disana. Jadi silakan buka port yang baru (TCP & UDP) pada setelan firewall yang ada di VPS, dan nantinya RDP akan bisa berjalan pada port yang baru itu.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial diatas, sangat dipersilakan untuk berkomentar pada kolom yang telah disediakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap