Cara Download File Torrent Super Cepat Lewat Browser atau IDM

Cara Download File Torrent Super Cepat Lewat Browser atau IDM

Tidak kebanyakan orang mengunduh suatu file melalui torrent setiap harinya. Bukan karena tidak suka, tetapi karena ribet dalam proses pengunduhannya. Hal tersebut karena file torrent hanya bisa diunduh melalui program khusus seperti BitTorrent atau uTorrent, alias tidak bisa dilakukan langsung dari browser.

Pada dasarnya file torrent sangat aman dipakai untuk men-transfer berkas yang terbilang penting. Hal tersebut karena sistemnya peer-to-peer, sehingga perangkat sebagai host yang mengunggah file tersebut kepada perangkat yang mengunduh.

Akan tetapi di internet, file torrent dianggap sebagai penyebar file bajakan, dan menurut saya 70% itu memang benar. Hal tersebut karena tak ada file hosting yang menerima file bajakan diunggah pada platformnya, sehingga mereka membuat server host torrent sendiri dan mengunggahnya disana dan kemudian dibagikan ke publik.

Bisakah Mengunduh File Torrent Melalui Browser Secara Langsung?

Tentu saja bisa, untuk itulah artikel ini dibuat. Jadi apabila kamu biasanya mengunduh file torrent di browser hanya berupa berkas dengan format .torrent. Tetapi dengan bantuan layanan cloud downloader, tentunya hal tersebut tidak lagi mustahil untuk dilakukan.

Sementara itu, terdapat beberapa layanan cloud downloader gratis yang menurut saya memiliki kualitas terbaik dalam kinerjanya. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, silakan terus simak artikel ini.

Menggunakan Layanan Torrent Downloader Gratis

Jika dihitung, ada banyak sekali layanan torrent downloader yang tersedia di internet. Namun tidak semua itu gratis untuk digunakan, alias hanya ada beberapa saja. Dan salah satu layanan yang saya pilih adalah Seedr.

Berikut ini cara penggunaan Seedr:

  1. Daftar akun di situs web Seedr.
  2. Kemudian tempelkan magnet link torrent pada kolom yang tersedia.

    Tempelkan Magent Link Torrent

  3. Selanjutnya tunggu proses download selesai.

    Proses Download di Seedr

  4. Jika proses download telah selesai, silakan klik ikon Download pada file tersebut.

    Download File Torrent Melalui Browser

  5. Dan indikasi unduhan akan muncul pada browser.

Kesimpulannya sangat mudah, dimana Seedr dijadikan perantara untuk mengunduh file torrent untuk mengeluarkan berkas aslinya. Dan seperti itulah fungsional cloud downloader sebenarnya. Selain prosesnya cepat, ini juga lebih effisien dibanding memakai program seperti BitTorrent.

Namun ketahui juga bahwa Seedr memiliki batasan maksimal penyimpanan 2GB untuk akun gratis. Sehingga file torrent yang bisa kamu unduh harus memiliki ukuran dibawah 2GB supaya tidak gagal. Atau jika kamu membutuhkan penyimpanan lebih dari itu, silakan beli paket premium yang disediakan disana.

Baca juga: 5 Trik Mempercepat Download File Torrent

Mengunduh Torrent Melalui IDM

Masih menggunakan layanan yang sama, yakni Seedr. Pada dasarnya jika browser kamu telah ter-integrasi dengan IDM (Internet Download Manager), pastinya dialog unduhan akan tampil ketika kamu meng-klik opsi Download pada file.

Namun apabila tidak muncul dialognya, maka kamu bisa menekan pada opsi Copy download link, berikut ini contohnya:

Download File Torrent Melalui IDM

Setelah itu silakan buka program IDM, dan klik opsi Tambah, lalu tempelkan link yang disalin tadi pada kolom yang tersedia, diteruskan meng-klik pada tombol OK. Dan dialog unduhan pada IDM akan tampil.


Selain Seedr, masih ada beberapa layanan serupa lainnya, contohnya Bitport, akan tetapi pengguna gratis hanya diberi penyimpanan sekitar 1GB saja. Dan ketahui pula bahwa proses download pada layanan semacam itu juga membutuhkan seed yang tinggi pada file torrentnya. Karena jika seed rendah, pastinya proses download akan lama.

Apabila kamu ingin mengetahui lebih banyak fitur pada Seedr, langsung saja daftar pada situs webnya. Dan saya sendiri pun telah menggunakannya lebih dari 3 tahun. Hingga sampai sekarang, tampilan dari situs tersebut tidak berubah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.