≡ Menu

5 Cara Mengatasi Download yang Lambat di Laptop

Cara Mengatasi Download yang Lambat di Laptop

Pada dasarnya kecepatan dalam mengunduh suatu file di internet bergantung pada sisi jaringan dan juga server/host file tersebut. Kadang kita tidak menyadari apakah kecepatan unduhan sedang dibatasi oleh file hosting, yang pasti kita hanya berfikir bahwa unduhan tersebut terus berjalan.

Jika kamu memiliki perbedaan yang signifikan ketika mengetes kecepatan download melalui situs semacam Speedtest dengan mengunduh file di internet, maka terdapat kemungkinan koneksi unduhan tersebut dibatasi oleh file hosting.

Berbeda lagi jika mengetes di Speedtest namun kecepatan downloadnya tidak maksimal, maka sepertinya terdapat suatu program lain pada perangkat yang sedang menggunakan sebagian koneksi internet untuk mengunduh sesuatu. Hal inilah yang menyebabkan proses download menjadi lambat.

Solusi Download Lambat di Laptop

Tulisan ini akan menjelaskan beberapa hal untuk mengatasi proses download yang lambat, namun ketahui bahwa semua cara ini pastinya tetap bergantung pada kualitas koneksi internet yang kamu pakai. Karena jika kejadian download lambat disebabkan dari ISP atau provider internet, maka yang harus kamu lakukan paling benar adalah menghubungi layanan support ISPnya.

Dan berikut ini beberapa cara untuk mengatasi proses download yang lambat, khusus untuk perangkat laptop atau PC:

1. Restart Laptop

Cara paling utama adalah melakukan restart terhadap laptop. Hal ini bertujuan supaya program lain yang sedang menggunakan koneksi internet secara bersamaan dapat terhenti, sehingga nantinya jaringan hanya tertuju pada proses unduhan saja.

2. Hentikan Windows Update Sementara

Windows Update yang sedang berlangsung juga dapat menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. Walau itu kadang berlangsung sekejap, namun apabila koneksi internet yang kamu miliki hanya sekitar 10Mbps, pastinya akan terasa lama untuk menantikan itu selesai.

Maka dari itu, silakan hentikan proses update tersebut secara sementara. Jika pada Windows 10, kamu bisa menekan tombol “Pause updates for 7 days” dan kemudian lanjutkan kembali proses downloadnya, pasti kini kecepatannya sudah normal kembali.

3. Gunakan Program Internet Download Manager

IDM atau singkatan dari Internet Download Manager merupakan program untuk meng-akselerasi proses download. Kinerjanya adalah men-stimulastikan koneksi untuk membuatnya lebih cepat. Jika di browser biasanya hanya menggunakan satu koneksi saja.

Di IDM, kamu bisa mengaturnya menjadi 8 atau 16 koneksi yang sedang berjalan secara bersamaan. Memungkinkan kamu bisa mendapatkan kecepatan maksimal terhadap proses unduhan. Dan IDM juga memiliki akses uji coba gratis selama 1 bulan.

4. Diagnosa Jaringan Melalui Task Manager

Pada kondisi idle atau dengan maksud tidak sedang menggunakan komputer untuk melakukan apapun, cobalah untuk membuka Task Manager dan kemudian buka bagian Wi-Fi atau Ethernet, tergantung dari jenis koneksi yang kamu pakai.

Disana kamu bisa melihat laju download/upload yang sedang berlangsung pada perangkat. Dan apabila itu berjalan dengan kecepatan yang cukup tinggi, berarti terdapat suatu program yang sedang menggunakan koneksi internet tersebut.

Untuk mendeteksi programnya, silakan menuju tab Process, dan kemudian klik pada opsi Network, nantinya program yang menggunakan koneksi internet paling tinggi saat ini akan ditampilkan pada paling atas dan kamu bisa menghentikan proses tersebut.

5. Matikan VPN/Proxy Apabila Sedang Menggunakannya

Layanan VPN atau Proxy berguna untuk melindungi diri di internet, khususnya untuk privasi dalam melakukan browsing. Namun kadang jika server VPN bermaslah, hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap kecepatan internet yang menjadi tidak stabil seperti biasanya.

Untuk itu apabila kamu saat ini menggunakan layanan VPN, Proxy, Tunnel, atau sejenisnya, silakan matikan terlebih dahulu dan kemudian cobalah untuk mengunduh file kembali, lalu lihat perbedaanya.

Baca juga: Cara Mencegah Corrupt Ketika Download File Ukuran Besar

Kesimpulan

Jika bukan disebabkan dari penyedia koneksi internet (ISP), maka masalah yang kamu alami adalah akibat program lain yang sedang menggunakan internet secara bersamaan. Ini ibaratnya seperti mengunduh file sambil melakukan streaming video, dimana kecepatan unduhan tidak akan maksimal seperti seharusnya.

Lakukan 5 tips sederhana diatas, pastinya masalah ini akan teratasi, dan kamu dapat menikmati koneksi internet secara normal kembali dan cepat seperti biasanya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap