≡ Menu

Cara Jitu Membuka Subscene yang Diblokir

Cara Jitu Membuka Subscene yang Diblokir

Subscene adalah situs web berbagi subtitle atau terjemahan gratis terbesar di internet. Setiap pengguna bebas membuat subtitle sendiri dan membagikannya disana kepada publik. Namun pada dasarnya website tersebut tidak resmi/legal sehingga banyak sekali halaman yang di takedown oleh perusahaan film pada pencarian Google.

Pada pertengahan tahun 2020, Subscene diblokir oleh Kominfo. Tentu saja banyak sekali warga net yang kecewa, karena di-masa pandemi COVID-19 tak bisa lagi membuka situs tersebut untuk mengunduh terjemahan film/video.

Tetapi kamu tak usah khawatir, karena ada sedikit cara untuk membuka situs Subscene yang diblokir dan tentunya cara ini aman dan mudah untuk dilakukan.

1. Gunakan VPN Hanya Ketika Membuka Subscene

Menggunakan VPN

Cara pertama yang dijamin ampuh 100% untuk mengakses Subscene yang diblokir adalah menggunakan jaringan VPN. Yang diperlukan hanyalah mengunduh aplikasi/program VPN gratis yang ada di Play Store, Apps Store, atau Microsoft Store. Contohnya seperti Touch VPN.

Jadi sebelum mengakses Subscene, aktifkan VPN terlebih dahulu. Dan ketika sudah terhubung, silakan coba buka website Subscene kembali. Pasti kini sudah tidak diblokir lagi dan bisa langsung mengunduh terjemahan yang diinginkan.

Selain menggunakan VPN, adapula cara lainnya yang menurut Saya juga sama mudahnya untuk dilakukan. Silakan lanjut menyimak cara ke-dua.

2. Atur DNS Server Secara Manual

Menggunakan DNS

Berbeda dengan VPN yang dapat berpengaruh ke alamat IP, sedangkan DNS hanyalah sebatas revolver jaringan internet saja. Jadi secara default DNS yang kamu gunakan adalah default operator, tapi jika kamu menggantinya dengan DNS yang lain, pastinya segala situs yang terblokir akan dapat diakses meski tidak memakai VPN sekalipun.

Disini Saya menyarankan untuk menggunakan DNS dari Cloudflare, yaitu 1.1.1.1. Jika di Android, kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut di Play Store atau Apps Store. Tapi jika di komputer, silakan atur secara manual di setelan jaringan IPv4.

Berikut ini cara mengatur DNS secara manual di Windows 10 supaya bisa membuka Subscene yang terblokir:

  1. Buka pencarian Windows dan ketik Control Panel.
  2. Kemudian menuju menu Network and Internet > Network and Sharing Center.
  3. Setelah itu klik menu Change adapter settings yang ada dibagian kiri atas.
  4. Klik kanan pada adapter WiFi atau Modem yang digunakan, dan pilih Properties.
  5. Lalu klik dua kali pada Internet Protocol Version 4.
  6. Aktifkan pada opsi Use the following DNS Server addresses.
  7. Lalu pada kolom pertama isikan 1.1.1.1, dan kolom kedua isikan 1.0.0.1.
  8. Tahap terakhir klik tombol OK.

Setelah mengaturnya sesuai langkah diatas, sangat disarankan untuk melakukan flush DNS. Caranya sangat mudah, silakan buka Command Prompt (CMD) dan kemudian ketik kode dibawah ini, lalu ENTER.

ipconfig /flushdns

Setelah itu cobalah untuk mengakses Subscene, tentunya kini sudah dapat dibuka dengan baik tanpa ada kendala lagi.

Baca juga: Cara Menggunakan DNS Pribadi pada Android Pie

Selain DNS milik Cloudflare, kamu juga bisa menggunakan DNS lain yang sekiranya mampu untuk membuka blokir akses di internet. Atau boleh juga menggunakan DNS Proxy yang terjamin sangat ampuh dalam membuka segala jenis website yang sedang diblokir.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment