Cara Mengecek Versi CUDA di Linux dan Windows

Mengetahui versi suatu program pada dasarnya sangat mudah dilakukan melalui pengaturan di komputer atau bahkan melalui program itu sendiri, tepatnya di halaman “tentang program“. Tetapi ada beberapa yang sulit untuk diketahui dan hanya bisa dilakukan melalui terminal atau command prompt.

Seperti mengetahui versi NVIDIA CUDA, pengguna harus memasang CUDA Toolkit terlebih dahulu. Dan pastinya mengetahui versi CUDA ini sangat diperlukan bagi pengguna yang akan memakainya untuk kepentingan compile, machine learning, dan sebagainya.

Cara Mengetahui Versi CUDA

Selama CUDA Toolkit telah terpasang, baik di Windows atau di Linux memiliki cara yang sama dalam mengecek versinya. Bahkan tak hanya versi CUDA saja, tapi versi driver pun juga bisa dilihat melalui cara yang sama.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui versinya, silakan langsung simak caranya mulai dari yang pertama.

1. Menggunakan Perintah nvidia-smi

Buka terminal (Linux) atau Command Prompt (Windows) dan kemudian ketik perintah berikut:

nvidia-smi

Seketika informasi GPU akan tampil beserta versi CUDA yang tertera dibagian kanan atas. Berikut ini contoh gambarannya:

Mengecek Versi CUDA Melalui Nvidia-Smi

NVIDIA System Management Interface (nvidia-smi) menyediakan fitur untuk mengecek informasi terhadap GPU NVIDIA antara lain Tesla, Quadro, Grid, Geforce, dan lain-lain. Jika perintah tersebut tidak dapat dijalankan, memungkinkan komputer kamu belum terpasang CUDA Toolkit.

2. Memakai Perintah nvcc untuk Mengecek Versi CUDA

Hampir sama seperti diatas, hanya saja ini lebih simple. Silakan buka terlebih dahulu terminal atau command prompt dan kemudian jalankan perintah dibawah ini:

nvcc --version

Informasi versi CUDA akan tampil pada setelah teks Release, atau lebih lengkapnya silakan perhatikan gambarannya dibawah ini:

Mengetahui Versi CUDA Menggunakan NVCC

NVCC atau singkatan dari NVIDIA CUDA Compiler memiliki kegunaan untuk keperluan compile, tapi di lain sisi terdapat fitur untuk mengecek versi CUDA seperti pada perintah diatas.

Baca juga: Cara Memaksa Suatu Program Memakai GPU Nvidia

3. Cek Versi CUDA Melalui Sistem File (Khusus Linux)

Cara terakhir ini dikhususkan untuk pengguna Linux. Meski menggunakan kedua cara diatas sudah bisa untuk melihat versi CUDA yang terpasang, tapi melihat langsung dari file sistem sebenarnya juga bisa. Berikut ini perintahnya:

cat /usr/local/cuda/version.txt

Akan langsung muncul versi CUDA yang terpasang pada komputer. Namun jika tidak muncul, kemungkinan besar driver NVIDIA pada komputer kamu terpasang dari official repository, sehingga ketika perintah diatas dijalankan akan muncul “No such file or directory”

Selama ini merupakan cara alternatif, saya lebih menyarankan untuk menggunakan langkah satu atau dua diatas karena 100% akan berhasil tanpa ada kesalahan selama CUDA Toolkit telah terpasang di komputer.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.