Cara Menampilkan Opsi Refresh pada File Explorer Windows 11

Cara Menampilkan Opsi Refresh pada File Explorer Windows 11

Setelah adanya pembaruan Windows 11, terdapat beberapa tampilan yang berubah, seperti di pengaturan, letak taskbar, gaya rounded pada tab, dan lain sebagainya. Tapi hal penting lain yang ikut berubah adalah navigasi pada klik kanan, khususnya pada file explorer.

File Explorer atau juga disebut sebagai Windows Explorer memiliki kegunaan untuk mengelola file, baik itu membuka atau menghapusnya. Pada tampilan Windows 11, ada satu opsi yang hilang ketika pengguna membuka navigasi klik kanan, yakni opsi untuk melakukan refresh.

Opsi refresh itu sendiri memiliki kegunaan untuk memperbarui isi dari folder tersebut supaya pengguna tidak perlu bolak balik ke folder hanya untuk melihat file yang baru ditambahkan. Hanya saja di Windows 11, file yang baru ditambahkan ke suatu folder tidak langsung otomatis ter-refresh, dan parahnya opsi untuk melakukan refresh itu tidak ada.

Menampilkan Opsi Refresh di File Explorer Windows 11

Pada dasarnya pengguna bisa melakukan refresh dengan cara yang lebih mudah dibanding menampilkan navigasi pada klik kanan. Memang benar jika kebanyakan orang lebih sering melakukannya dengan cara tersebut, tapi untuk sekarang, cobalah cara yang lebih simpel dan praktis.

Refresh Menggunakan Tombol F5

Dibanding harus melakukan klik kanan, kamu dapat melakukan refresh folder dengan cepat dengan tombol F5 di keyboard. Cara ini tak hanya dapat diterapkan pada File Explorer saja lho, pada dasarnya tombol F5 juga bisa dipakai untuk me-refresh tab pada browser.

Merefresh Menggunakan Tombol F5

Baca juga: Cara Menonaktifkan Windows Media Player pada Windows 10

Menampilkan Navigasi Lawas Supaya Opsi Refresh Muncul

Meski Windows 11 telah meninggalkan banyak hal terhadap Windows 10, tapi kamu juga harus tahu jika navigasi pada file explorer yang lama masih bisa diakses lho. Jadi tampilannya akan tetap seperti pada versi Windows 10.

Cara untuk memunculkannya, silakan klik tombol SHIFT dan F10 secara bersamaan, dan nantinya navigasi lawas akan muncul dan tentunya membawa opsi refresh.

Cara lainnya adalah langsung menekan opsi Show more option ketika kamu menekan klik kanan. Maka nantinya navigasi lawas akan dimunculkan layaknya kamu menekan kombinasi tombol diatas.

Menampilkan Opsi Refresh pada File Explorer Windows 11

Entah cara mana yang akan kamu pilih dalam menampilkan opsi refresh, namun bagi saya memakai tomol F5 jauh lebih praktis. Setiap orang memiliki kenyamanan tersendiri dalam melakukannya, jadi silakan pilih cara mana saja yang sudah biasa kamu lakukan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.