Cara Memasang apt-cyg di Cygwin

Cara Memasang apt-cyg di Cygwin

Cygwin merupakan alat yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai macam program Unix. Sederhananya berbagai macam program di Linux bisa dijalankan pada Windows melalui terminal. Selain itu terdapat dukungan dengan banyaknya situs mirror yang menyediakan berbagai macam paket program untuk kebutuhan.

Satu hal yang diperlukan pada saat instalasi Cygwin adalah memasang program apa saja yang akan dibutuhkan nantinya. Karena setelah Cygwin terpasang, pengguna mungkin akan kesulitan ketika ingin memasang program lainnya, khususnya dalam pemilihan versi atau nama.

Tetapi dengan bantuan apt-cyg, pengguna bebas mencari dan memasang program apa saja dengan mudah. Karena apt-cyg berjalan layaknya perintah apt yang ada di Linux (Ubuntu & Debian), sehingga mencari dan memasang suatu program bisa dilakukan dengan cepat.

Tutorial Memasang apt-cyg pada Cygwin

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memasang apt-cyg, yaitu menggunakan perintah wget atau lynx. Salah satu dari perintah ini wajib untuk dipasang, karena nantinya apt-cyg juga memanfaatkan perintah tersebut untuk memasang program baru.

Jika belum memasangnya, silakan buka file instalasi Cygwin kembali dan pasang wget atau lynx disana. Dan apabila sudah terpasang, berikut ini cara pemasangannya.

Memasang dengan Perintah WGET

wget https://raw.githubusercontent.com/transcode-open/apt-cyg/master/apt-cyg
chmod +x apt-cyg
mv apt-cyg /bin/

Memasang dengan Perintah LYNX

lynx -source rawgit.com/transcode-open/apt-cyg/master/apt-cyg > apt-cyg
install apt-cyg /bin

Memastikan apt-cyg Telah Terpasang

Setelah memasang menggunakan salah satu perintah diatas, kamu bisa langsung memastikan apakah itu sudah terpasang dengan mengetikkan perintah apt-cyg. Dan jika nanti muncul semacam dokumentasi, berarti program tersebut berhasil terpasang.

Sekarang kamu bebas menambahkan program atau paket baru menggunakan perintah apt-cyg layaknya di Ubuntu atau Debian. Tak hanya menambahkan saja, bahkan kamu juga bisa mencari berdasarkan nama program yang ingin dipasang menggunakan perintah seperti apt-cyg search namaprogram.

Kesimpulan

Menurut saya apt-cyg sangat diperlukan dalam hal pemasangan program atau paket tanpa harus melakukannya secara manual lagi. Bahkan beberapa orang yang kurang tahu terhadap hal ini akan memasang program baru melalui file instaler Cygwin, yang mana itu sangat kurang efisien.

Jika kamu memiliki kendala atau barangkali tambahan terkait tutorial yang dijelaskan diatas, silakan tuliskan langsung pada kolom komentar yang terletak di bawah artikel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.