Cara Praktis Menghapus File Sampah di Linux

Cara Praktis Menghapus File Sampah di Linux

File sampah yang ada di komputer pada dasarnya akan terus bertambah berdasarkan dari seringnya kamu menggunakan komputer tersebut. Jenis file sampah yang ada di komputer juga bervariasi, dari cache browser, file sementara, dan lain-lain.

Jika di Windows ada banyak sekali program untuk membersihkan sampah yang ada di sistem. Sementara itu bagaimana untuk komputer Linux? Pastinya ada juga program yang mampu melakukan hal tersebut dengan cepat/praktis.

Dibanding melakukan secara manual, pastinya akan sulit bagi pengguna untuk mencari folder-folder di sistem dan menganalisa file yang dianggap sampah. Tapi dengan bantuan program, pastinya pengguna dapat membersihkannya lebih cepat dan kapasitas penyimpanan bebas akan meningkat.

Tutorial Membersihkan Sampah di Linux

Program yang akan digunakan pada artikel ini bernama Stacer. Penggunaan dari program tersebut sangatlah mudah dan bisa dilakukan dengan beberapa klik saja. Selain itu, proses instalasinya juga mudah.

Perlu diketahui juga bahwa saat ini Stacer hanya mendukung untuk OS Ubuntu, Debian, dan Fedora. Untuk dukungan terhadap OS lainnya, kemungkinan masih dalam tahap pengembangan. Tapi pengguna juga bisa menginstal langsung dari CMake untuk OS yang lainnya, misalnya OpenSUSE, Redhat, dan lain-lain.

Instalasi Stacer

Proses instalasi bisa dilakukan melalui terminal. Dan berikut ini perintahnya, silakan gunakan sesuai OS yang digunakan.

Ubuntu dan Debian

sudo add-apt-repository ppa:oguzhaninan/stacer -y
sudo apt-get update
sudo apt-get install stacer -y

Fedora

sudo dnf install stacer

Instal dengan CMake

git clone https://github.com/oguzhaninan/Stacer.git
cd Stacer
mkdir build && cd build
cmake -DCMAKE_BUILD_TYPE=Release -DCMAKE_PREFIX_PATH=/qt/path/bin ..
make -j $(nproc)
output/bin/stacer

Menghapus File Sampah dengan Stacer

Jika program Stacer telah terpasang, kamu bisa membuka GUI dengan mengetik perintah sudo stacer pada terminal. Jika programnya sudah muncul, silakan ikuti langkah membersihkannya dibawah ini:

  1. Klik pada ikon Sapu.

    Klik Ikon Sapu

  2. Selanjutnya beri checklist pada seluruh opsi yang tampil.

    Menghapus File Sampah di Stacer

  3. Lanjutkan klik tombol pencarian dibawahnya.
  4. Lalu beri checklist lagi pada hasil file sampah yang berhasil terdeteksi.

    Membersihkan File Sampah Sistem Menggunakan Stacer pada Linux

  5. Dan klik ikon Sapu dibawahnya untuk menghapus seluruhnya.
  6. Selesai, file sampah berhasil dibersihkan.

    Menggunakan Stacer untuk Menghapus Sampah

Stacer memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memilih jenis file apa saja yang perlu untuk dihapus, namun rata-rata file yang terindikasi sebagai sampah memang tidak diperlukan lagi, dan pastinya tidak ada resiko untuk dihapus.

Baca juga: Macam-Macam File Sampah pada Ponsel Android

Kesimpulan

Selain dipakai untuk menghapus file sampah di sistem, Stacer juga memiliki banyak kegunaan lainnya lho, seperti dapat mengetahui proses/task apa saja yang sedang berjalan, menganalisa disk read/write, penggunaan CPU, meng-uninstal suatu program, dan beberapa hal lainnya.

Tapi yang paling terbaik adalah, Stacer 100% gratis untuk digunakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *