≡ Menu

Cara Mengubah Resolusi Foto dan Video pada Kamera Android

Cara Mengubah Resolusi Foto dan Video pada Kamera Android

Semakin tinggi resolusi pada suatu foto atau video, akan menghasilkan kualitas yang lebih baik lagi. Memungkinkan gambar tidak sampai buram ketika di-perbesar. Dan secara default, pada seluruh ponsel Android telah diatur pada resolusi paling tinggi sesuai megapiksel kamera.

Namun, ada beberapa ponsel yang mendukung perekaman video sampai 4K (Ultra-HD) yang mana harus diatur terlebih dahulu pada pengaturan supaya bisa menggunakannya. Dan bahkan pada semua ponsel Android sebenarnya bebas memilih resolusi apa saja yang ingin digunakan untuk mengabadikan foto atau video.

Sebagai contohnya kamera pada ponsel kamu adalah 12MP, namun ingin mengambil foto dengan 8MP saja, tentunya itu sangat bisa dilakukan. Atau contoh lainnya adalah perekaman default video pada ponsel kamu adalah 1080p dan ingin mengaturnya sebagai 720p untuk menghemat ruang penyimpanan. Tata cara melakukannya akan dijelaskan di artikel ini.

Mengatur Resolusi atau Megapiksel pada Kamera Android

Sebelum menjelaskannya, Saya ingin mengingatkan terlebih dahulu bahwa tampilan aplikasi kamera bawaan ponsel Android tidak selalu sama. Namun menu untuk mengaturnya nyaris sama. Dan cara ini tidak dilakukan melalui Pengaturan ponselnya, akan tetapi dari Pengaturan aplikasi kamera.

Berikut ini cara mengatur resolusi pada kamera Android:

  1. Buka aplikasi kamera.
  2. Ketuk opsi pengaturan (ikon roda gigi).

    Ketuk Opsi Pengaturan

  3. Gulir kebawah dan temukan Ukuran Gambar.

    Ketuk Resolusi Foto

  4. Silakan atur sebagai resolusi yang diinginkan.

    Mengubah Resolusi atau Megapiksel Foto dan Video di Kamera Android

Begitupula untuk resolusi video, tata caranya juga sama seperti diatas. Dan mungkin di beberapa ponsel terdapat sedikit perbedaan nama menu, namun itu tidak masalah selama fitur untuk mengatur resolusi atau megapiksel ini memang ada untuk seluruh Android. Dan untuk mengaturnya pun selalu ada di pengaturan aplikasi kamera.

Menyetel Resolusi Foto dan Video di GCam

GCam atau Google Camera merupakan aplikasi kamera yang memiliki fitur image-processing yang mantap dibanding aplikasi yang lainnya. Walau aplikasi kamera ini pada dasarnya hanya tersedia untuk ponsel Google Pixel, namun banyak developer yang melakukan porting dan mofidikasi supaya berfungsi di ponsel lainnya.

Tentunya didalam aplikasi GCam terdapat pengaturan untuk mengubah resolusi foto dan video. Silakan buka terlebih dahulu aplikasi GCam, setelah itu menuju Pengaturan. Lalu gulir kebawah dan temukan pada bagian Camera Photo Resolution. Berikut ini contoh gambarannya.

Menyetel Resolusi Foto dan Video di GCam

Hampir mirip seperti mengaturnya di aplikasi kamera bawaan, hanya berbeda tampilan menu saja.

Baca juga: Cara Mengubah Resolusi Layar di Ponsel Samsung

Kesimpulan

Mengatur resolusi lebih tinggi akan membuat kualitas gambar lebih baik, namun ukuran filenya akan semakin besar. Sementara itu dengan mengaturnya lebih rendah, kualitas gambar akan menurun dan ukuran filenya lebih kecil.

Begitupula dengan video. Jika Saya rasa ukuran 1080p (Full-HD) sebenarnya sudah jernih untuk ditonton. Sedangkan jika kamu mengaturnya sebagai 4K, maka penyimpanan bebas yang dimiliki ponsel harus sangat tinggi. Sebab 1 menit saja ukuran file videonya bisa sampai 500MB.

Apakah ada pertanyaan lain mengenai cara mengatur resolusi atau megapiksel terhadap foto atau video? Silakan untuk berkomentar pada kolom dibagian bawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap