≡ Menu

Trik Menyembunyikan Identitas Browser di Internet

Trik Menyembunyikan Identitas Browser di Internet

Semua orang mungkin telah mengerti bahwa identitas utama setiap pengguna di internet adalah alamat IP. Dari sebuah alamat IP, orang lain akan mengetahui perkiraan lokasi kamu saat ini, dan dengan bantuan VPN atau Proxy, alamat IP tersebut dapat disembunyikan. Tapi selain alamat IP, sebenarnya ada identitas lain yang perlu kamu ketahui.

Yaitu adalah browser. Setiap browser atau peramban yang kamu gunakan memiliki sebuah fingerprint tetap dan ini bisa dimanfaatkan oleh suatu website untuk mengenalimu. Bahkan meski ada mode incognito atau tab pribadi, itu tidak akan berpengaruh terhadap fingerprint browser.

Ketika fingerprint browser tidak berubah-ubah, pastinya identitas kamu akan selalu dikenali oleh sistem walaupun berganti-ganti alamat IP sekalipun. Untuk itulah, disini akan saya bagikan trik untuk menyembunyikan identitas browser supaya menjelajah internet tetap merasa nyaman dan aman.

Cara Menyembunyikan Identitas Browser

Jika dihitung, ada banyak sekali atribut browser yang membuat fingerprint ini tercipta. Bahkan kamu pun bisa melihat detil fingerprint browser kamu saat ini melalui situs web amiunique.org.

Jadi disini akan saya berikan dua cara. Dimana cara pertama adalah yang paling termudah, sementara itu yang kedua sangat ampuh untuk mengubah fingerprint browser secara keseluruhan. Kamu dapat memilih sesuai kebutuhan.

1. Mengubah User-Agent

Ini adalah cara lama, namun masih sangat berguna digunakan untuk menyembunyikan identitas browser. Pergantian user-agent juga dapat diterapkan untuk memalsukan jenis browser terhadap situs web.

Jadi misalnya kamu sekarang menggunakan Firefox, maka itu bisa dipalsukan menjadi Chrome atau Microsoft Edge hanya dengan mengubah user-agent saja.

Untuk melakukan cara ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu memasang add-ons atau ekstensi bernama User-Agent Switcher. Kemudian disana akan disediakan beberapa user-agent yang siap untuk digunakan. Kamu juga bebas mengedit atau menambahkannya sendiri.

Mengubah User-Agent pada Browser

2. Memakai Browser Anti Detect

Terdapat browser yang dikhususkan untuk melindungi privasi dengan maksimal, itu bernama Anti-Detect. Tapi untuk sekarang sudah banyak sekali browser sejenis itu yang menyediakan fitur yang sama. Berikut ini daftar browser tersebut:

  • Anti-Detect
  • xLogin
  • GoLogin
  • Undetectable
  • Sphere

Sebagian browser yang saya sebutkan diatas berbayar, tapi adapun yang menyediakan akses uji coba gratis selama beberapa hari sebelum mulai membelinya. Rata-rata fungsional penggunaannya sama, dimana ketika menggunakan browser tersebut, kamu akan diberi akses untuk memilih profil browser, atau justru mengaturnya sesuka hati dan membuat profil sendiri.

Berikut ini contoh mengatur profil browser secara manual di program GoLogin:

Menyembunyikan Identitas Browser

Baca juga: Cara Bermain Game Surf di Browser Microsoft Edge

Hanya dengan menghapus cookies atau cache saja tidak akan membuat fingerprint browser berubah, tapi dengan dua cara diatas, pasti identitas browser kamu tidak akan lagi dikenali. Dan saya lebih menyarankan untuk menggunakan cara ke-dua karena lebih ampuh.

Apabila kamu memiliki pertanyaan atau barangkali tambahan lain dalam melindungi identitas browser di internet, silakan bagikan itu pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap