Cara Mengatasi Baterai di Charge Malah Berkurang

Cara Mengatasi Baterai di Charge Malah Berkurang

Baterai yang ada di ponsel Android bersifat sebagai jantung, atau dengan kata lain sangat dibutuhkan untuk dapat menghidupkan seluruh sistem ponsel. Baterai sendiri memiliki umur, dimana benda tersebut tidak bisa hidup abadi dan harus diganti ketika dirasa mengalami kerusakan.

Salah satu contoh kerusakan adalah ngedrop atau cepat habis. Normalnya baterai ponsel bisa digunakan untuk seharian penuh untuk pemakaian wajar, dan jika satu hari harus melakukan charging beberapa kali, tentunya baterai tersebut minta untuk diganti yang baru.

Tapi ada hal aneh yang tak biasa terjadi, yaitu baterai malah berkurang ketika ponsel di-charge. Bisa disimpulkan disini bahwa baterai tersebut tak dapat menerima arus listrik, namun terkadang itu juga bisa disebabkan oleh hal lain, salah satunya dari kabel. Jika kamu mengalami kendala ini, silakan simak artikel ini untuk mengetahui cara untuk mengatasinya.

Pastikan Telah Menggunakan Charger Original

Kadang charger dari ponsel lain tak didukung baik terhadap baterai ponsel sehingga arus listriknya tak dapat diterima atau semacam dibatasi untuk masuk.

Untuk itu, pastikan saat ini kamu menggunakan charger original untuk melakukan charging terhadap ponselnya. Tapi apabila kendalanya saat ini sedang menggunakan charger original, silakan lanjut ke cara berikutnya.

Gunakan Kabel Data yang Lain

Untuk kendala adaptor, mungkin ini sangat jarang terjadi. Tapi apabila terkait kabel, itu sangat sering. Mungkin ini lebih sering dialami oleh pengguna ponsel yang menggunakan kabel tipe C (fast charging).

Jadi cobalah untuk menggunakan kabel yang lain. Dari pengalaman Saya sendiri itu disebabkan karena kabel yang rusak, dimana arus listrik yang dimasukkan tidak sesuai, sehingga proses charging seolah sia-sia dan baterai ponsel tidak kunjung penuh.

Baterai Rusak dan Harus Diganti

Ada kemungkinan baterai pada ponsel kamu mengalami kerusakan. Untuk mengecek lebih lanjut, sangat disarankan untuk menggunakan charger duduk. Apabila menggunakan charger duduk masih tidak dapat penuh, berarti baterai memang rusak dan harus diganti.

Sedangkan apabila baterai bisa terisi penuh ketika menggunakan charger duduk, satu solusi terakhirnya ada dibawah ini.

Baca juga: Tutorial Kalibrasi Baterai Android Tanpa ROOT

Terdapat Kerusakan Hardware pada Ponsel

Apabila seluruh solusi diatas tidak membuahkan hasil, kemungkinan besar terdapat kerusakan pada hardware ponselnya baik itu di lubang chargernya atau lainnya. Untuk kendala ini, sangat disarankan untuk membawanya ke tukang servis ponsel.

Jika pun ponsel kamu masih memiliki garansi, ada baiknya untuk membawanya ke servis center terdekat. Selama ponselnya tidak pernah jatuh atau terdapat goresan yang parah, mereka pasti akan menerima untuk membetulkannya.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi baterai ponsel yang justru berkurang ketika di charge. Sebenarnya ada satu cara lagi yang tidak dicantumkan diatas, yaitu kalibrasi baterai. Namun itu tidak begitu efektif apabila masalahnya seperti ini, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.