Cara Mengatasi Headset Tidak Berfungsi di Ponsel

Cara Mengatasi Headset Tidak Berfungsi di Ponsel

Mendengarkan musik atau menonton film di ponsel memang lebih nikmat rasanya ketika mengguankan headset, itu karena seluruh efek dari audio akan terasa. Dan saat ini tersedia banyak sekali jenis headset yang bisa digunakan sehari-hari.

Walau saat ini tipe headset yang paling populer adalah tanpa kabel, yaitu bluetooth, akan tetapi masih banyak pula yang menggunakan headset tipe jack. Dan salah satu masalah yang kadang dialami pada headset tipe jack adalah tidak dapat berfungsi ketika sudah dicolokkan ke ponsel.

Masalah tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, namun selama kendalanya tidak dari kabel atau port jack yang rusak, maka kamu masih dapat mengatasinya dengan mengikuti beberapa solusi yang dibagikan di artikel ini.

Solusi Headset Tidak Berfungsi di Ponsel

1. Bersihkan Port Jack (Colokan Headset)

Dari beberapa kasus, kendala yang paling sering terjadi disebabkan dari port jack yang kotor sehingga mengakibatkan headset tak berfungsi dengan semestinya. Solusinya adalah membersihkan lubang colokan tersebut menggunakan cotton bud dan alkohol.

Silakan siapkan cotton bud terlebih dahulu dan kemudian beri sedikit alkohol. Selanjutnya masukkan ke port jack dan bersihkan secara perlahan. Dan jika sudah dibersihkan, tunggu setidaknya beberapa menit dan kemudian coba sambungkan headsetnya.

2. Restart Ponsel

Cara yang paling mudah dan juga ampuh adalah me-restart ponsel. Siapa tahu kendalanya hanyalah dari sistem sementara dan rata-rata itu dapat diperbaiki dengan cara memulai ulang ponsel saja.

Untuk melakukannya, silakan tekan lama pada tombol power dan setelah itu ketuk pada opsi Mulai Ulang atau Reboot. Dan setelah ponsel berhasil di mulai ulang, silakan coba kembali headsetnya.

3. Periksa Volume Audio di Ponsel dan Headset

Bisa saja masalah ini disebabkan karena keteledoran pengguna dalam menggunakan headset, dimana volumenya tidak diatur dengan benar, baik dari sisi headset atau ponsel. Jadi silakan cek kembali apakah di ponsel volume media sudah ditambah? Untuk lebih mudah dalam mengatur volume, silakan melakukannya melalui Pengaturan.

Dan sebagian headset mendukung untuk kontrol volume manual. Jadi itu tidak mengikuti setelan yang ada di ponsel, jadi silakan cek juga opsi volume yang terdapat di headset tersebut.

4. Nonaktifkan Bluetooth

Jika disekitar kamu terdapat perangkat audio yang biasa dipakai menggunakan bluetooth, sebagai contohnya VR atau Speaker, memungkinkan masalah ini lah yang menyebabkannya. Dimana ponsel telah menyalurkan audio ke perangkat tersebut sehingga mengabaikan headset.

Solusinya adalah menonaktifkan fitur bluetooth di ponsel. Dan setelah itu coba sambungkan kembali headsetnya ke ponsel untuk mengetahui lebih lanjut apakah kini sudah berfungsi atau belum.

5. Mencoba Menggunakan Headset Lain

Apabila sampai cara ke-empat masih belum mengatasinya, maka satu-satunya jalan untuk mengetahui penyebab pasti dari masalah ini adalah mencoba headset yang lain.

Jika menggunakan headset lain bisa berfungsi, maka silakan cek juga headset yang tak berfungsi itu di ponsel lainnya. Dengan begitu kamu akan mengetahui kerusakannya ada pada kabel headset atau port jack di ponsel.

Baca juga: Cara Rekam Layar di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Kesimpulan

Selama port jack dan kabel headset tidak bermasalah, tentunya masalah ini dapat diatasi dengan mudah dengan mengikuti solusi diatas. Akan tetapi jika kendalanya terjadi pada port jack, maka saya sarankan untuk membawa ponselnya ke service center untuk diperbaiki.

Solusi pertama diatas juga bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas suara headset yang bermaslah, misalnya ada suara kresek-kresek ketika digunakan.

Masalah pada kabel headset juga seringkali terjadi, untuk itu apabila kamu hendak membeli headset yang baru, saya sarankan untuk memilih jenis kabel yang berkualitas supaya tidak mudah rusak.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.