Cara Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah

Cara Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah

Mendengarkan musik tidak akan bisa terasa nyaman apabila suara headset kecil sebelah. Apalagi jika perbedaan suaranya sangat jauh seolah itu hanya terdengar di samping telinga saja. Tapi jangan khawatir, selagi kamu belum membeli headset yang baru, disini akan saya bagikan cara untuk mengatasinya.

Penyebab dari suara headset kecil sebelah bisa dari kabel atau colokkan jack yang mengalami kerusakan. Dan kerusakan itu bisa diakibatkan karena aktivitas diri sendiri, misalnya kabel ketarik-tarik, atau headsetnya sering terlindas oleh badan, khususnya ketika menggunakannya memutar musik ketika mau tidur.

Solusi paling terbaik untuk mengatasi hal ini tanpa harus membongkar isi headset dan kabel adalah menyamakan atau menyeimbangkan kembali suara headset tersebut. Dan itu bisa dilakukan di PC maupun di ponsel. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak mulai dari sini.

Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah di Komputer atau Laptop

Dimulai dari perangkat PC terlebih dahulu karena sangat mudah dan cepat untuk melakukannya, ditambah tidak perlu memasang program apapun, alias hanya memanfaatkan fitur penyeimbangan suara yang ada di Windows.

Baiklah langsung saja ikuti cara mengatasinya dibawah ini:

  1. Sambungkan headset ke PC.
  2. Klik kanan pada ikon suara di toolbar, dan klik Sound Settings.

    Klik Sound Settings

  3. Setelah itu gulir kebawah dan klik menu All Sound Devices.

    Klik Menu All Sound Devices

  4. Dan pada bagian Output Devices, silakan klik pada perangkat headsetnya. Tapi jika tidak ada, klik pada Speakers.

    Klik Perangkat Headset

  5. Sekarang kamu bisa mengatur volume suara kiri dan kanan headset pada opsi Left Channel dan Right Channel.

    Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah di PC atau Laptop

Misalnya pada suatu kasus, suara headset kamu yang kanan sangat kecil, jadi hal yang harus kamu lakukan adalah memperbesar suara yang kanan melalui opsi Right Channel, sedangkan jika yang bermasalah adalah sisi kiri, berarti kamu harus mengatur pada opsi Left Channel.

Menyeimbangkan suara headset akan lebih mudah dilakukan ketika sambil mendengarkan musik. Dengan begitu kamu dapat memastikan apakah suaranya sudah pas dan nyaman untuk di dengar.

Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah di Ponsel Android

Apabila diatas tadi dikhususkan untuk perangkat PC, kini saatnya untuk mengatasinya di ponsel Android. Caranya hampir sama, dimana kamu harus menyeimbangkan suaranya senyaman mungkin, tapi perbedaaanya adalah disini membutuhkan aplikasi tambahan untuk melakukannya.

  1. Pertama-tama, download aplikasi bernama Equalizer Pie (GRATIS).

    Pasang Aplikasi Equalizer Pie di Play Store

  2. Setelah itu, buka aplikasinya.
  3. Pada opsi Balance, atur itu ke kiri atau kanan untuk memperbesar suara sisi yang kecil.

    Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah di Ponsel Android

Sebagai contohnya, suara kiri headset kamu terdengar kecil, dan untuk menyeimbangkannya kamu harus menarik opsi balance ke kiri sampai suaranya menjadi imbang dan enak untuk di dengar. Sekali lagi saya sarankan untuk mengaturnya sambil mendengarkan musik supaya hasilnya memuaskan.

Ada pun di Android 10 yang mendukung fitur penyeimbangan audio tanpa aplikasi, tepatnya pada Pengaturan Aksesibilitas. Jika fitur tersebut ada, kamu bisa menghapus aplikasi ini dan menggunakan fitur tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Headset Tidak Berfungsi di Ponsel


Cukup itu saja cara untuk mengatasi suara headset yang kecil sebelah. Kamu bisa menerapkan cara diatas apabila masih tidak ingin membeli headset yang baru. Jika kamu memiliki pertanyaan tentang cara diatas, saya persilakan untuk menulis pertanyaan tersebut pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.