≡ Menu

Cara Menggunakan BoboVR Z6 dengan Mudah

Cara Menggunakan BoboVR Z6 dengan Mudah

Apakah kamu baru saja membeli VR Cardboard dengan merk Bobo VR Z6? Produk tersebut memiliki kualitas yang baik dalam memberikan kenyamanan saat digunakan. Walaupun harganya terbilang terjangkau, tapi kualitasnya juga tidak kalah kok dengan merk VR Cardboard yang lain.

Untuk pengguna yang baru saja menggunakan VR Cardboard, pasti akan merasa sedikit kesulitan dalam mengatur alat ini supaya bisa digunakan dengan tepat tanpa ada kesalahan. Dan pada Bobo VR Z6 pun sebenarnya caranya tidaklah ribet.

Di artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk menyambungkan ponsel dengan VR Z6 ini, dengan begitu kamu bisa merasakan kenyamanan dalam memutar video 360 derajat tanpa ada masalah.

Tutorial Menggunakan BoboVR Z6

Ada beberapa langkah untuk bisa memulainya, dan rata-rata semua itu bisa dilakukan dengan cepat. Setelah kamu mengikuti langkah yang ada di artikel ini, memungkinkan kedepannya kamu akan terbiasa saat hendak memulainya.

1. Menghubungkan Headset dengan Ponsel

langkah utama yang paling saya sarankan adalah menghubungkan headset terlebih dahulu. Di Bobo VR Z6 terdapat Bluetooth Headset yang siap untuk digunakan. Jadi kamu tak perlu memakai headset eksternal lagi.

Cara menghubungkannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu menekan lama tombol power pada VR (disebelah samping) sampai muncul warna LED biru. Kemudian hidupkan Bluetooth pada ponsel dan sambungkan dengan Bluetooth yang terdeteksi dari headset.

Ketika Bluetooth sudah disambungkan, kamu bisa mencobanya dengan memutar lagu, apabila suara sudah berbunyi pada headset, berarti kamu telah berhasil menyambungkannya.

2. Pasang Aplikasi Google Cardboard

Silakan pasang aplikasi Google Cardboard melalui Play Store. Setelah itu buka aplikasinya dan ikuti prosedur yang tampil pada layar.

Biasanya kamu akan diminta untuk memotret kode QR yang terdapat pada VR Cardboard. Di BoboVR ini, kode tersebut berada pada bagian samping. Atau jika kodenya kurang jelas, silakan buka buku panduan dan disana pasti terdapat kode QR yang siap untuk di-scan.

Nantinya aplikasi Google Cardboard akan langsung mendeteksi VR kamu dengan nama Z6. Sekarang lanjut ke langkah berikutnya.

3. Jalankan Cardboard Demos

Tahap berikutnya adalah menjalankan Cardboard Demos yang ada di aplikasi Google Cardboard. Fitur ini akan memberikan kamu pengalaman utama dalam menjelajahi VR.

Ketika fitur tersebut dijalankan, kamu akan diminta untuk memiringkan ponsel dan meletakkanya pada VR Cardboard.

Pada BoboVR Z6 mendukung ponsel dengan ukuran maksimal 6.7 inch. Kamu bisa mengatur ukurannya pada bagian bawah yang digunakan untuk meletakkan ponsel, itu bisa dilebarkan atau dikecilkan.

4. Memasang VR ke Kepala

Setelah ponsel sudah diletakkan, kini kamu bisa mulai untuk meletakkan VR Cardboard ke kepala. Silakan pasang senyaman mungkin sampai gambar yang tampil pada layar terlihat jelas keseluruhan.

Ketahui juga bahwa gambar yang kamu lihat mungkin akan sedikit buram, tapi itu tidak masalah mengingat piksel yang ada pada layar ponsel terbilang minimal. Sebab idealnya supaya gambar terlihat jernih, video dan juga layar ponsel harus mendukung resolusi 8K keatas.

Tapi jika layar ponsel kamu mendukung tampilan 4K, itu juga akan lebih baik untuk digunakan.

Baca juga: Cara Tes Layar dan Sensor di HP Samsung

5. Menjelajahi Youtube VR

Jika kamu sudah menjalankan cardboard demos, kini kamu siap untuk mencoba video 360 derajat yang ada di Youtube. Jadi silakan lepas terlebih dahulu ponselnya dari VR Cardboard, kemudian buka aplikasi Youtube dan cari dengan kata kunci “360 VR Video“.

Setelah itu putar salah satu video dan atur terlebih dahulu resolusinya ke 4K. Lalu ketuk pada ikon VR yang ada dibagian opsi pemutaran dan masukkan ponsel ke VR Cardboard.

Sekarang video 360 derajat siap untuk ditonton menggunakan BoboVR Z6. Bahkan selain video, kamu juga bisa menjalankan suatu game VR lho. Namun pastikan kamu telah memiliki remote VR supaya dapat memainkannya.


Kini kamu telah mempelajari bagaimana cara untuk menggunakan Bobo VR Z6. Walaupun langkah-langkah diatas terlihat panjang, tapi sebenarnya itu sangat cepat kok untuk dilakukan. Dan satu tambahan lagi, yaitu mengenai kualitas gambar.

Kualitas gambar yang ditampilkan Cardboard tergantung dari resolusi layar ponsel. Untuk saat ini kebanyakan ponsel telah mendukung resolusi hingga 4K yang mana pada dasarnya itu masih kurang. Tapi itu sudah nyaman layaknya menonton video 480p.

Jadi apabila gambar yang ditampilkan sedikit buram, silakan coba cek dari resolusi video dan juga resolusi layar ponsel kamu. Tentunya semakin tinggi resolusi akan semakin jernih gambar yang dihasilkan untuk dilihat dari jarak dekat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap