Cara Membuka Port pada Ubuntu dan Debian

Cara Membuka Port pada Ubuntu dan Debian

Apakah kamu ingin mengakses port tertentu pada server yang sedang dikelola namun tidak bisa? Sebagai contohnya kamu ingin menggunakannya untuk VPN atau webserver alternatif, tentunya port tersebut harus dibuka pada firewall supaya bisa digunakan.

Firewall pada server bertujuan untuk melindungi port supaya tidak digunakan tanpa ada perizinan. Dengan begitu hanya port yang diizinkan untuk dibuka saja yang nantinya dapat diakses. Jadi meski terdapat program yang melakukan listen ke port tertentu, akan tetapi portnya tidak dibuka, tentunya pengguna takkan bisa mengaksesnya secara publik.

Di Ubuntu dan Debian, kamu bisa membuka port tertentu dengan mudah dan cepat. Untuk mengetahui tata caranya, silakan simak terus artikel ini.

Membuka Port Tertentu di Ubuntu dan Debian

Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka port pada Ubuntu atau Debian. Silakan lakukan satu-per-satu dan tidak perlu melakukan semuanya apabila salah satu cara sudah berhasil untuk dilakukan.

1. Buka Port dengan UFW

Perintah UFW atau singkatan dari Uncompilcated Firewall merupakan cara yang paling mudah untuk membuka port di Linux. Sebagai contoh disini, saya ingin membuka port 7000, dan berikut ini perintahnya:

sudo ufw allow 7000/tcp

Setelah itu silakan cek apakah port tersebut sudah ditambahkan dengan benar:

sudo ufw status verbose

Jika sudah muncul, silakan mulai ulang proses UFW dengan cara menonaktifkannya terlebih dahulu dengan perintah sudo ufw disable dan kemudian mengaktifkannya kembali dengan perintah sudo ufw enable.

2. Menggunakan Iptables

Iptables juga merupakan program bawaan yang hadir pada operasi sistem Linux, dan cara membuka port menggunakan Iptables juga tidak terlalu sulit. Masih sama pada port 7000, dan berikut ini perintah untuk membuka portnya:

sudo iptables -A INPUT -p tcp --dport 7000 -j ACCEPT

Kemudian simpan dan perbarui setelan iptables untuk menerapkannya dengan perintah dibawah ini:

sudo /etc/init.d/iptables-persistent save
sudo /etc/init.d/iptables-persistent reload

Sekarang port 7000 sudah terbuka, silakan coba untuk mengaksesnya.

Baca juga: Tutorial Remote Port Forwarding Menggunakan SSH

3. Buka Port Melalui firewalld

Jika dua cara diatas tidak berhasil, itu tandanya terdapat firewalld (firewall-cmd) yang terpasang pada server. Sehingga menghiraukan setelan dari UFW dan Iptables untuk membuka port secara publik.

Silakan gunakan perintah dibawah ini untuk membuka port pada firewalld:

sudo firewall-cmd --zone=public --add-port=7000/tcp --permanent

Setelah itu silakan reload setelannya dengan perintah berikut:

sudo firewall-cmd --reload

Diatas adalah contoh untuk membuka port 7000, silakan ubah sesuai port yang digunakan. Dan jika sampai cara ketiga masih tidak bisa untuk mengakses port 7000, itu tandanya terdapat firewall tambahan dari layanan server yang kamu gunakan.

Apabila kamu memiliki pertanyaan atau tambahan lain mengenai beberapa cara diatas, silakan tuliskan itu pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.