Cara Mengubah Port Apache di Linux

Cara Mengubah Port Apache di Linux

Ada berbagai macam program yang bisa kamu pilih untuk membuat web server di Linux, contohnya seperti Nginx, Litespeed, dan Apache. Semuanya memiliki cara tersendiri untuk mengelolanya, dan juga memiliki kelebihan tersendiri dalam segi fitur.

Menggunakan Apache untuk membuat web server pribadi sangatlah mudah untuk dilakukan. Karena pada dasarnya pengguna hanya perlu menginstalnya saja dan kemudian mengaktifkan servicenya. Setelah itu web server telah bisa diakses pada port 80.

Namun bagaimana jika kamu ingin menggunakan apache pada port yang lain? Misalnya ingin melakukan tes suatu web tanpa harus meng-ekspos port HTTP (80). Jadi pilihan tepat yang harus kamu ambil adalah mengubah port 80 tersebut ke port yang diinginkan.

Tutorial Mengubah Port pada Apache

Mengganti port di Apache dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, karena yang perlu kamu lakukan hanyalah mengaturnya di file konfigurasi. Dan file tersebut berada pada direktori yang berbeda-beda tergantung dari distributor Linux yang kamu gunakan.

1. Membuka File Konfigurasi

Langsung saja dimulai, silakan menuju file konfigurasinya terlebih dahulu, berikut ini perintahnya silakan ditempelkan di terminal.

CentOS/Fedora

$ sudo vi /etc/httpd/conf/httpd.conf

Debian/Ubuntu

$ sudo vi /etc/apache2/ports.conf

2. Ubah Port Apache

Kamu akan menemukan port 80 yang saat ini sedang dipakai untuk menjalankan Apache.

Listen 80

Silakan ubah menjadi

Listen 8080

Sebagai contoh disini saya ingin mengubah port 80 menjadi 8080, jadi kamu hanya perlu mengubah konfigurasinya seperti diatas.

Baca juga: Tutorial Instal Apache, PHP7, dan MariaDB pada openSUSE

3. Mengubah Port pada Virtual Host (Khusus Debian/Ubuntu)

Masih ada konfigurasi lain yang harus kamu atur apabila menggunakan Debian atau Ubuntu. Yaitu mengubah port pada file konfigurasi yang terletak pada direktori /etc/apache2/sites-enabled/.

Secara default virtual hostnya adalah 000-default.conf, tapi jika sebelumnya kamu sudah mengaturnya ke domain, jadi silakan atur sesuai file dengan nama domain yang ingin kamu pakai untuk pengubahan port ini.

Sekarang silakan menuju file konfigurasinya terlebih dahulu.

$ sudo vi /etc/apache2/sites-enabled/000-default.conf

Sekali lagi saya ingatkan, silakan ubah 000-default ke nama domain yang ingin kamu ubah portnya. Kecuali jika tidak menggunakan domain apapun, silakan lanjutkan memakai perintah diatas.

Selanjutnya kamu akan menemukan teks berikut:

<VirtualHost: *:80>

Silakan ubah itu menjadi:

<VirtualHost: *:8080>

Sampai sini seharusnya Apache sudah berhasil diatur untuk port 8080. Tapi ada satu hal lagi yang perlu kamu lakukan, silakan lanjut ke langkah berikutnya.

4. Restart Apache

Tahap terakhir adalah memulai ulang service apache supaya setelan konfigurasi dapat diterapkan. Berikut ini perintahnya:

$ sudo systemctl restart apache2

Nah setelah Apache sudah dimulai ulang, sekarang kamu bisa langsung mengakses port yang baru seperti http://alamat_ip:8080. Silakan ubah alamat IP dan port sesuai yang telah diatur.

Itulah cara mudah untuk mengubah port pada Apache. Cara ini bisa kamu terapkan ketika ingin melakukan testing sebelum mempublikasi website pada port 80. Dan pastikan port yang kamu atur telah terbuka pada firewall supaya bisa digunakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.