Cara Menghapus Link Pemendek Bitly

Menghapus Link Pemendek Bitly

Bitly dikenal sebagai pemendek URL terbesar di internet yang telah beroperasi cukup lama. Hingga saat ini layanan ini masih terus menyediakan akses gratis untuk memendekkan URL, selain itu pengguna juga bisa membuat custom-link untuk memudahkan pengguna dalam menghafal URL pendek yang telah dibuat.

Pengguna yang mendaftar akun di Bitly memiliki akses ke beberapa opsi lebih, seperti memantau berapa kali link itu diklik, letak geografis pengunjung, dan statistik lainnya. Tapi rata-rata pengguna yang mendaftar lebih bertujuan untuk membuat custom-link.

Walaupun bagi pengguna yang mendaftar memiliki banyak akses, tapi masih ada satu pertanyaan, yakni apakah link yang dibuat di Bitly ini bisa dihapus? Karena seolah tak ada opsi untuk menghapus pada halaman dasbor atau panel untuk pengguna.

Bitly memiliki peraturan terhadap setiap URL yang dipendekkan, dimana itu takkan bisa dihapus dan akan tetap ada secara permanen. Peraturan ini berfungsi bagi pengguna yang mendaftar ataupun tidak.

Tapi pengguna dapat menyembunyikan URL yang ingin disingkirkan dari dasbor atau panel. Dan meski itu disembunyikan, URL tersebut akan masih tetap bisa digunakan alias aktif ke lokasi website tujuan.

Jika kamu ingin menyingkirkan suatu link yang muncul pada dasbor, maka kamu bisa menggunakan fitur untuk menyembunyikan link. Berikut ini cara melakukannya:

  1. Klik suatu link.

    Klik Suatu Link di Bitly

  2. Kemudian klik opsi Edit.

    Klik Opsi Edit

  3. Selanjutnya pada dialog yang muncul, pilih opsi Hide Link.

    Menyembunyikan Link pada Bitly

  4. Dan selesai, link tersebut takkan muncul pada dafar link di panel lagi.

Link yang disembunyikan juga bisa kamu munculkan lagi dengan cara yang nyaris sama seperti diatas. Dan sekali lagi saya ingatkan bahwa menyembunyikan link ini bukan berarti menghapus link yang dipendekkan, jadi link tersebut hanya tidak tampil pada panel saja, selebihnya link tersebut masih dapat diakses dengan baik.

Baca juga: 7 Situs Pemendek URL Terbaik Tanpa Iklan

Adapun fitur redirect yang mana menurut saya ini sangat cocok bagi pengguna yang ingin benar-benar menghapus link pemendek bitly. Masalahnya adalah fitur redirect tidaklah gratis dan hanya tersedia pada layanan premium.

Cara melakukannya sangat mudah, kamu hanya perlu memilih pada suatu link, dan setelah itu klik pada opsi Redirect, dan kemudian isikan kolom yang muncul dengan URL yang baru. Dan jika kondisinya kamu ingin seolah menghapusnya, silakan alihkan saja ke URL misalnya Google. Itu sama dengan menghapus link lama kan?

Fitur redirect ini sebenarnya sangat berguna sekali untuk mengubah link yang tidak berfungsi tanpa mengubah link yang diperpendek. Hanya saja fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna berbayar saja.

Jika yang kamu harapkan adalah melaporkan URL bitly yang melanggar ketentuan, sebenarnya itu juga bisa lho. Pada dasarnya Bitly melarang keras terhadap tindak kejahatan di internet yang menyangkut-pautkan layananya untuk melancarkan operasinya, jadi segala tautan sejenis phising, berita palsu, dan sebagainya dapat dilaporkan untuk dihapus.

Cara melaporkannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengisikan formulir ini dan mereka pastinya akan memprosesnya dengan segera.

Perlu diketahui bahwa dengan melaporkan link Bitly yang dialihkan ke konten berbahaya, maka kamu juga termasuk telah menyelamatkan banyak orang untuk terhindar dari konten bahaya tersebut. Dan formulir yang disediakan tidak banyak kok, jadi kamu takkan membuang waktu hanya untuk melaporkannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.