Solusi Koneksi Internet Modem USB Sering Terputus

Solusi Koneksi Internet Modem USB Sering Terputus

Sampai sekarang ini modem USB masih banyak yang menggunakannya. Bahkan sebagian dari itu juga telah berevolusi menjadi modem USB WiFi, dimana yang diperlukan hanya mencolokkan modem ke port USB dan setelah itu koneksinya dapat dibagi rata dengan perangkat lain.

Masalah yang kadang terjadi pada modem USB adalah koneksi internet yang tiba-tiba terputus. Tentunya hal tersebut akan membuat emosi ketika sedang menggunakan koneksi internet untuk melakukan pengunduhan atau menonton tayangan live stream.

Tentunya ada beberapa penyebab yang membuat koneksi modem tiba-tiba terputus, jadi masalah ini tidak sepenuhnya kesalahan dari kartunya. Dan di artikel ini akan saya bagikan solusi untuk meminimalisir hal tersebut terjadi.

Mengatasi Koneksi Modem Terputus Tiba-Tiba

1. PING pada CMD untuk Mencegah Idle dan Terputus

Solusi utama yang paling saya sarankan adalah melakukan ping pada command prompt. Dengan cara ini, koneksi internet dari modem tidak akan pernah idle atau bengong, sehingga itu takkan terputus secara tiba-tiba.

Untuk melakukannya, silakan buka command prompt terlebih dahulu, setelah itu ketik perintah persis seperti dibawah ini:

ping 8.8.8.8 -t

Proses ping akan berlangsung terus menerus, dan cara ini 100% aman untuk dilakukan dalam jangka panjang. Dan proses ping yang berjalan tak perlu ditutup, alias cukup di-minimize saja. Jadi kesimpulannya, kamu dapat menggunakan perintah diatas selagi sedang menggunakan koneksi internet dari modem supaya tidak sampai terputus tiba-tiba.

2. Kunci Jaringan pada Modem

Jaringan yang terus berubah-ubah juga dapat menyebabkan koneksi tiba-tiba terputus dengan sendirinya. Untuk itu, supaya koneksi tetap lancar, ada baiknya untuk mengunci jaringannya.

Di beberapa modem mendukung terhadap fitur ini, tapi sebagian adapula yang tak mendukungnya. Jadi ketika jaringan dikunci, itu takkan berubah-ubah lagi meski signal rendah. Saya sarankan untuk menggunakan jenis jaringan dengan kondisi signal yang stabil.

3. Ubah Jenis APN pada Modem

Mengubah jenis APN kadang juga dapat memperstabil koneksi internet. Itu karena pengguna akan mendapatkan alamat IP yang berbeda khusus untuk APN tersebut. Bahkan adapula yang menyimpulkan, mengubah APN juga dapat mempercepat koneksi internet.

Dari pengalaman saya sendiri, ketika hari sabtu dan minggu, APN yang biasa saya pakai (internet) sering sekali terputus. Entah itu karena padatnya pengguna disekitar lokasi atau lainnya. Tapi dengan mengubah ke APN lain, justru koneksi internet bisa lancar dan tak pernah terputus.

Untuk mendapatkan konfirguasi APN selain internet, silakan tanyakan pada operator kartu seluler masing-masing.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kecepatan Internet di Modem USB

4. Akibat Temperatur Modem Tinggi (PANAS)

Membiarkan modem dalam kondisi panas terus-menerus dapat memperpendek umur modem tersebut. Biasanya jika sehabis digunakan untuk mengunduh file dalam waktu yang lama, suhu modem akan meningkat dan panas. Maka sebaiknya untuk melepas dan mendinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan lagi.

Lebih bagus lagi jika kamu menggunakan kabel USB extender untuk memasang kabel didekat angin-angin supaya suhunya tidak terlalu panas dan bisa digunakan untuk jangka lama.

Ibaratnya seperti manusia, jika berlari terus-menerus pasti lama-lama akan capek. Begitupula dengan modem USB, jika digunakan cukup lama pasti suhunya akan meningkat, dan apabila terus dipaksa alhasil menjadi malfungsi seperti koneksinya terputus sendiri.

5. Signal Kartu di Modem Kurang Stabil

Pastikan pula kartu seluler yang kamu pakai pada modem memiliki kekuatan signal yang stabil. Karena jika tidak, tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap koneksi internet. Bukan cuma terputus saja, tapi juga lambat tiba-tiba apabila signal yang didapatkan buruk.

Sebagian modem mendukung untuk pemasangan antena eksternal. Jadi jika masalah yang kamu alami memang dari signal kartu, maka dengan menambah antenna kecil ini pasti bisa untuk mengatasinya.

Atau solusi lainnya adalah dengan menggunakan kartu seluler lainnya yang sekiranya memiliki signal yang bagus pada lokasi disekitar.

Itu saja beberapa solusi yang dapat saya bagikan. Kesimpulannya, koneksi internet yang terputus pada modem USB tidak sepenuhnya salah dari kartu yang diguankan, karena bisa saja hal ini disebabkan dari hal-hal seperti yang dibahas diatas.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau mungkin tambahan solusi lainnya, sangat dipersilakan untuk menuliskan komentar yang terletak pada bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.