Solusi Taskbar dan Toolbar Tidak Berfungsi di Windows 11

Peranan taskbar dan toolbar sangatlah besar terhadap penggunaan sehari-hari, dimana pengguna akan lebih cepat dalam mengakses suatu aplikasi dan mengontrol berbagai macam hal tanpa harus membuka pengaturan terlebih dahulu.

Tapi bagaimana jika taskbar tersebut tidak berfungsi? Entah itu muncul dan hanya tampil hitam saja, atau suatu menu tak bisa diklik, seperti ingin menuju navigasi toolbar untuk mengaktifkan WiFi. Pastinya hal ini akan membuat pengguna merasa kesulitan dalam mengoperasikan komputer.

Rata-rata kejadian malfungsi pada taskbar bisa diatasi dengan cara me-restart komputer. Akan tetapi jika masalah ini terus terjadi dua atau tiga kali sehari, pasti me-restart bukanlah pilihan yang tepat, karena bisa jadi pengguna masih mengerjakan sesuatu pada komputernya.

Mengatasi Taskbar dan Toolbar Tak Berfungsi pada Windows 11

Alternatif dari me-restart komputer untuk mengatasi masalah ini adalah me-restart pada Windows Explorer. Karena taskbar dan tampilan ikon yang yang ada di desktop, berjalan melalui Windows Explorer. Jika itu dimulai ulang, pastinya taskbar dan toolbar juga melakukan hal yang sama (layaknya me-restart PC).

Silakan ikuti langkah dibawah ini untuk mengatasinya:

  1. Klik tombol CTRL+SHIFT+ESC pada keyboard.
  2. Kemudian task manager akan muncul, klik pada opsi More Details.

    Klik More Details

  3. Sekarang gulir kebawah dan temukan Windows Explorer.

    Menuju Proses Windows Explorer

  4. Klik kanan pada Windows Explorer, dan pilih opsi Restart.

    Mengatasi Taskbar dan Toolbar Tak Berfungsi di Windows 11

  5. Selesai, Taskbar dan Toolbar akan dimulai ulang.

Setelah taskbar dimulai ulang, pastinya kini masalahnya sudah teratasi, dan silakan cek menekan sesuatu pada taskbar atau toolbar untuk mencobanya. Kamu bisa melakukan langkah ini sewaktu-waktu ketika taskbar atau toolbar mengalami masalah.

Baca juga: Cara Mengganti Warna START dan Taskbar di Windows 10

Jika sekiranya pada task manager, justru proses Windows Explorer ada dua, silakan restart keduanya. Karena biasanya salah satu dari itu merupakan proses latar belakang, yang mana aman untuk di-restart sekalipun.

Apakah saat ini masalah kamu sudah teratasi? Jika belum atau barangkali mengalami kesulitan terhadap solusi diatas, ada baiknya untuk menuliskan komentar pada kolom yang telah disediakan dibawah untuk segera mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.