≡ Menu

Cara Menonaktifkan Windows Media Player pada Windows 10

Dulunya Windows Media Player (WMP) memiliki peranan yang sangat tinggi pada komputer. Pasalnya program tersebut bisa digunakan untuk memutar segala media yang ada di komputer. Seperti musik, video, dan sebagainya.

Namun seiring berjalannya waktu, Windows Media Player mulai jarang digunakan karena tergantikan oleh program lain yang memiliki fitur lebih banyak. Bahkan di Windows 10 terdapat program Foto dan Film bawaan yang memang ditujukan sebagai pengganti WMP ini.

Jadi bagi pengguna Windows 10, bukankah lebih baik untuk menonaktifkannya saja? Karena jarang sekali digunakan. Terlebih lagi banyak sekali orang yang lebih suka dengan memasang program pemutar media yang lain, misalnya VLC Player.

Menonaktifkan Windows Media Player di Windows

Cara ini dapat diterapkan pada keseluruhan versi Windows. Dan sehubungan WMP ini merupakan fitur bawaan, jadi tidak bisa di-uninstall. Namun kamu dapat menonaktifkannya supaya program tersebut tidak muncul lagi.

Silakan ikuti tata cara menonaktifkannya dibawah ini:

  1. Buka kolom pencarian yang berada di taskbar.
  2. Ketik Windows Features dan ENTER.

    Ketik Windows Features

  3. Selanjutnya hilangkan centang pada Media Features.

    Menonaktifkan Windows Media Player di Windows 10

  4. Lalu klik tombol OK.
  5. Jika muncul dialog konfirmasi, klik saja tombol YES.
  6. Tahap terakhir, silakan restart komputer.

Setelah komputer/laptop berhasil direstart, kini Windows Media Player pasti sudah hilang dan tak bisa digunakan lagi. Untuk memastikannya lagi, kamu bisa mencoba klik kanan suatu video, kemudian pilih Open With. Jika tidak muncul Windows Media Player, berarti kamu berhasil menonaktifkannya.

Mengaktifkan Windows Media Player Kembali

Menonaktifkan bukan berarti menghapusnya, jadi kapan pun itu kamu masih bisa mengaktifkannya lagi. Caranya pun juga nyaris sama, yakni dengan memberi centang pada bagian Media Features dan setelah itu silakan restart perangkat.

Jika menurut saya, Windows Media Player kini kurang begitu populer sebagai pemutar media. Jika dibandingkan VLC atau KMPlayer, tentu saja fiturnya sangat jauh sekali berbeda. Salah satu yang paling signifikan adalah dukungan codec dalam memutar format video.

Baca juga: Menyesuaikan Kecepatan Subtitle pada VLC Player

Kesimpulan

Windows Media Player pada dasarnya tidak bisa dihilangkan secara sepenuhnya, namun pengguna dapat menonaktifkannya. Karena itu merupakan fitur bawaan dari OS layaknya Internet Explorer. Dan pada Windows 10, program tersebut telah digantikan dengan program bawaan bernama Film & TV.

Jadi apakah kamu masih menggunakan WMP untuk memutar video atau musik? Silakan dipikir-pikir lagi, karena diluar sana terdapat banyak program pemutar media yang lebih banyak fiturnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap