Cara Mengambil Screenshot Panjang di HP Samsung

Tahukah kamu jika di sebagian ponsel Android menyediakan fitur Screenshot Panjang? Itu adalah fitur yang dapat menghasilkan gambar panjang dan sangat cocok dipakai untuk mengambil tangkapan layar saat membuka website atau di sosial media.

Dulunya untuk mengambil screenshot panjang harus dilakukan menggunakan suatu aplikasi. Namun kini di ponsel Samsung telah disediakan fitur untuk melakukan itu dan caranya pun sangatlah mudah.

Penggunaan screenshot panjang bisa untuk segala hal, alias tidak terbatas pada halaman web saja. Bahkan ini bisa kamu terapkan pada aplikasi sosial media. Misalnya mengambil isi komentar penuh pada suatu postingan, sehingga hasil dari satu gambar dapat untuk melihat postingan dan keseluruhan komentar.

Tutorial Mengambil Screenshot Panjang di Samsung

Pada ponsel Samsung, terdapat fitur lanjutan yang ditemukan di pengaturan. Didalamnya terdapat fitur bernama Gambar Bilah, dan jika itu diaktifkan maka fitur untuk mengambil gambar panjang pun bisa digunakan.

Berikut ini cara mengaktifkan fitur tersebut dan juga cara menggunakannya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Fitur Lanjutan.

    Ketuk Fitur Lanjutan

  3. Kemudian pilih menu Gambar layar dan perekam layar.

    Pilih Menu Gambar Layar dan Perekam Layar

  4. Lalu aktifkan pada opsi Bilah alat gambar layar.

    Aktifkan Bilah Gambar

  5. Kemudian coba buka suatu halaman web, dan tekan tombol POWER+VOLUME BAWAH untuk mengambil screenshot.
  6. Lalu pada dialog Bilah Gambar, ketuk tombol skroll kebawah untuk menyatukan gambar dibawahnya.

    Ketuk Tombol Skroll Kebawah

  7. Lakukan berkali-kali sampai halaman sampai pada bagian bawah. Dan nantinya hasil screenshot akan menjadi panjang.

    Mengambil Screenshot Panjang di Samsung

Sekarang kamu telah berhasil membuat screenshot panjang di ponsel Samsung tanpa perlu bantuan aplikasi lagi. Fitur yang disediakan oleh Samsung sangatlah bagus dan hasil gambarnya pun jelas. Jadi nantinya kamu bisa memperbesar atau zoom pada gambar supaya kontennya dapat terbaca.

Baca juga: Mengaktifkan Gesture Screenshot Tiga Jari di Android

Kesimpulan

Mengambil screenshot panjang sangat berguna untuk mengambil konten pada suatu website atau sosial media untuk dibaca dari galeri. Jadi membagikan ke teman-teman juga lebih mudah, karena hanya perlu mengunggah gambar saja.

Selain hanya screenshot panjang, pada fitur Bilah Gambar yang disediakan oleh Samsung juga terdapat beberapa opsi lain. Salah satunya adalah memotong (crop) tampilan hasil screenshot. Jadi ini bisa praktis dilakukan tanpa perlu mengedit gambar lagi.

Dan sebagai tips sebelum mengakhiri artikel ini, supaya hasil gambar dari screenshot panjang menjadi lebih jernih, kamu bisa memilih format gambar PNG pada pengaturan Bilah Gambar. Tapi ketahuilah bahwa ukuran gambar mungkin juga akan lebih besar dibanding format JPG.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.