≡ Menu

Cara Tes Layar dan Sensor di HP Samsung

Cara Tes Layar dan Sensor di HP Samsung

Suatu ponsel kadang memiliki sensor yang sangat banyak, tapi sebagian dari itu nyaris tak pernah digunakan. Hanya beberapa sensor saja yang sering dipakai, itu seperti sidik jari, pendeteksi wajah, iris, dan proximity.

Pernahkah kamu memikirkan apakah sensor selain itu yang ada di ponsel bekerja sepenuhnya? Misalnya saja sensor langkah kaki, kecerahan, detakan jantung, dan lain-lain yang didukung ponselnya.

Di ponsel Samsung, semua sensor yang didukung pada perangkat bisa dites pada satu tempat. Dengan begitu kamu bisa mengetahui apakah ponselnya sedang dalam keadaan baik atau tidak. Dan bukan hanya sebuah sensor saja yang bisa di-tes, melainkan sentuhan layar, warna, dan sebagainya.

Kode Khusus untuk Mengetes Layar dan Sensor Ponsel Samsung

Mungkin semua orang sudah mengerti apabila kode *#06# digunakan untuk mengecek nomor IMEI. Tapi di ponsel Samsung memiliki kode khusus yang berguna untuk mengecek kestabilan ponsel dari banyak arah.

Kode tersebut adalah *#0*# dan silakan ketik pada menu dial/panggil di ponselnya. Seketika ponsel akan memasuki suatu halaman ber-latar belakang putih dan disediakan banyak menu untuk mengetes berbagai hal.

Tes Layar dan Sensor di Samsung

Tes Sentuhan Layar

Silakan pilih menu TOUCH dan kemudian sentuh pada bagian kotak yang tampil pada layar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui adanya dead spot pada piksel. Tapi apabila seluruh kotak tersebut bisa disentuh dan berwarna hijau, itu tandanya sentuhan layar ponsel dalam keaadan normal.

Tes Warna

Ada tiga pilihan warna yang disediakan, antara lain adalah RED, BLUE, dan GREEN. Dari menu tersebut kamu bisa mengetahui apakah suatu warna terlihat seperti seharusnya dan tidak mengalami discoloration.

Tes Sensor

Pilihan menu SENSOR bisa kamu gunakan untuk mengetes hampir keseluruhan sensor yang didukung pada ponsel. Seperti Accelerometer, Kecerahan, Proximity, Sidik Jari, Gyroscope, dan lain-lain.

Sebagai contoh, cobalah untuk menempelkan tangan pada sensor proximity ponsel. Nantinya akan muncul getaran ketika sensor tersebut bereaksi. Apabila kamu tidak mengerti sensor proximity, itu biasanya dipakai ketika melakukan panggilan telepon, dimana ponsel akan meredupkan layar secara otomatis ketika kondisi layar berdempetan dengan telinga.

Tes Kamera

Tersedia pula menu untuk mengetes fungsional kamera, itu dipisahkan antara kamera depan (FRONT CAMERA) dan kamera belakang (REAR CAMERA). Pastinya ini bertujuan untuk mengecek apakah kamera berfungsi dengan baik atau sebaliknya.

Contoh kejadian yang membuatmu harus mengetes fungsional kamera adalah ketika tidak bisa mengambil gambar dengan benar. Jadi kamu dapat mengetahui kesalahannya disebabkan dari aplikasi kamera atau justru kamera pada ponselnya.

Baca juga: Cara Mengecek Denyut Jantung Melalui Ponsel Android


Masih ada banyak lagi beberapa hal yang bisa kamu tes. Sebagian dari itu juga menyediakan opsi untuk melakukan kalibrasi ulang. Jadi apabila ada sesuatu yang bermasalah pada fitur di ponsel, cobalah untuk mengeceknya pada fitur ini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment