Cara Membuat Tabungan CIMB Niaga Secara Online

Cara Membuat Tabungan CIMB Niaga Secara Online

Ingin punya tabungan serba guna tapi malas keluar rumah? Tenang, karena di jaman sekarang, segala proses pendaftaran dapat dilakukan secara online, bahkan untuk membuat tabungan bank sekalipun. Hingga saat ini banyak sekali layanan bank di Indonesia yang menerapkan pembukaan rekening secara online, salah satunya adalah CIMB Niaga.

Melalui aplikasi Octo Mobile, pengguna dapat dengan mudah membuka rekening baru. Rata-rata hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dan tabungan telah jadi dan siap untuk digunakan. Selain itu prosesnya juga mudah dan tidak ribet.

Pembukaan rekening di aplikasi Octo Mobile berjalan melalui beberapa tahap. Ini nyaris sama seperti membuat akun di sosial media, hanya saja memerlukan proses verifikasi identitas pada akhir. Silakan simak artikel ini untuk mengetahui beberapa tahap tersebut.

1. Pasang Aplikasi Octo Mobile

Pembukaan rekening secara online hanya dapat dilakukan melalui smartphone pada aplikasi Octo Mobile. Jadi silakan unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui Play Store atau Apps Store.

Octo Mobile di Play Store

Jika sebelumnya sudah memasangnya, pastikan itu adalah versi yang terbaru. Karena pembukaan rekening membutuhkan aplikasi versi terbaru supaya prosesnya berjalan lancar.

2. Proses Membuat Tabungan Baru di Octo Mobile

Siapkan KTP dan NPWP (jika ada) untuk persiapan pembukaan tabungan baru. Dan setelah itu ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk menuju formulir pembukaan rekening.

  1. Buka aplikasi Octo Mobile.
  2. Ketuk opsi Buka Rekening Tabungan Pertama Saya.

    Membuka Rekening Baru di Octo Mobile

  3. Setelah itu ketuk menu Buka Rekening Pertama Saya.

    Membuat Tabungan Baru di CIMB Niaga Melalui Octo Mobile

  4. Silakan pilih jenis tabungan dan kemudian ikuti intruksi pendaftaran pada layar.

    Memilih Jenis Tabungan

Isi semua formulir terkait informasi data diri, beserta tempat tinggal sesuai KTP. Proses ini hanya memakan waktu sebentar, akan tetapi ada satu tahap lagi yang harus diselesaikan setelah pengisian formulir tersebut, yaitu verifikasi video call.

3. Melakukan Verifikasi Identitas (KTP, Selfie, dan Video Call)

Ada tiga jenis verifikasi KYC yang diperlukan. Antara lain adalah pemotretan KTP, lalu foto selfie sambil mengikuti isyarat yang tampil pada layar, dan pada akhirnya adalah melakukan panggilan video call dengan customer service.

Untuk proses pemotretan KTP, pastikan tulisan seperti nama, tempat tanggal lahir, dan lain-lain bisa terbaca jelas. Dan untuk proses foto selfie, biasanya terdapat syarat dibagian bawah yang harus di-ikuti, seperti menggelengkan kepala atau mengedipkan mata, itu akan langsung terdeteksi oleh sensor.

Sedangkan proses verifikasi video call, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Antara lain adalah:

  • KTP
  • NPWP (jika ada)
  • Kertas Putih dan Bolpoin (untuk tanda tangan)

Pertanyaan yang biasanya diajukan pada proses verifikasi video call hanya untuk konfirmasi saja. Seperti nama lengkap, tempat tinggal, jenis pekerjaan, dan pada akhirnya pengguna akan diminta untuk memegang KTP atau NPWP dibawah wajah, lalu menuliskan tanda tangan sambil direkam.

Oh iya, proses verifikasi video ini bisa dijadwalkan sesuai waktu luang yang kamu miliki. Jadi apabila sekiranya pada saat itu kamu sedang sibuk, silakan atur jadwalnya beberapa jam setelahnya. Nantinya kamu akan di-ingatkan melalui pesan email terkait verifikasi video call ini sesuai jadwal yang telah diatur.

4. Mengetahui Persetujuan Pembukaan Rekening

Status persetujuan pembukaan rekening akan dikirimkan melalui email dalam kurun waktu 15 menit setelah proses verifikasi video call selesai. Atau bisa juga dicek melalui aplikasi Octo Mobile dengan menuliskan nomor referensi pembukaan rekening yang terdapat di email.

Dari pengalaman saya sendiri, pesan email akan langsung didapatkan pada saat sesi video call selesai. Jadi tidak perlu menunggu waktu lama. Dan jika sekiranya lebih dari 30 menit masih belum mendapatkannya, saya sarankan untuk melakukan verifikasi video call ulang.

Yang terpenting pada saat sesi video call, jangan menutup panggilan tersebut sampai benar-benar selesai. Biarkan customer service yang menutup panggilan tersebut. Dengan begitu proses verifikasi dianggap valid.

5. Melakukan Setoran Pertama dan Menerima Kartu Debit

Untuk mengaktifkan tabungannya, silakan lakukan setoran pertama sesuai intruksi yang dikirimkan melalui pesan email. Dengan begitu rekening akan aktif dan kamu akan menerima kartu debit dalam kurun waktu 14 hari kerja dimulai sejak rekening itu aktif.

Dan jika sudah menerima kartu debit, silakan langsung aktivasi sesuai intruksi yang ada di kertas supaya bisa digunakan pada mesin ATM.


Hanya butuh beberapa langkah saja untuk membuka rekening baru di CIMB Niaga melalui aplikasi Octo Mobile. Secara keseluruhan prosesnya terbilang cepat dan praktis, hanya butuh sekitar 10 menit. Jadi 5 menit untuk pengisian formulir, dan 5 menit lainnya untuk proses verifikasi.

Apabila kamu memiliki pertanyaan lain atau kendala mengenai pembukaan rekening melalui Octo Mobile, saya sarankan untuk menghubungi layanan support CIMB Niaga melalui Twitter atau Facebook. Mereka sangat responsif dan pastinya akan menjawab setiap pertanyaan kamu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.