Cara Menggunakan Lampu Bardi Smart Bulb RGBWW

Cara Menggunakan Lampu Bardi Smart Bulb RGBWW

Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang untuk membantu setiap orang mendapatkan kemudahan dalam melakukan berbagai hal. Seperti berbelanja online, mengirim barang, dan bahkan mengontrol rumah dari jarak jauh.

Maksud dari mengontrol rumah adalah mengakses beberapa hal yang ada di rumah, seperti lampu, TV, CCTV, dan sebagainya. Sementara itu saat ini produk smart home yang menurut saya paling laris di Indonesia adalah Bardi.

Salah satunya adalah Lampu Smart LED Light Bulb RGBWW. Dengan produk tersebut, kamu dapat mengontrol lampu di rumah dengan mudah, baik itu mengatur kecerahan, warna, hingga mematikannya. Semua itu dapat dilakukan hanya dari ponsel saja. Dan disini akan saya bagikan tata cara untuk menggunakan produk tersebut.

Tutorial Menggunakan Lampu Pintar Bardi

Yang diperlukan untuk menggunakan lampu ini adalah akses WiFi. Karena nantinya perangkat lampu akan menggunakan WiFi tersebut supaya dapat dipakai untuk penggunaan remote control. Dan langsung saja silakan simak tata cara menggunakannya dibawah ini.

  1. Pasang terlebih dahulu aplikasi Bardi Smart Home.

    Aplikasi Bardi Smart Home

  2. Kemudian silakan untuk mendaftar terlebih dahulu pada aplikasi tersebut.
  3. Apabila sudah, silakan pasang lampu smart bulbnya dan hidupkan.
  4. Coba hidup matikan lampu selama tiga kali (ON-OFF-ON-OFF-ON-OFF-ON) supaya masuk pada mode pairing.
  5. Jika lampu sudah berkedip-kedip, silakan buka aplikasi Bardi Smart Home dan ketuk menu Tambahkan Perangkat dan pilih jenis lampu yang digunakan.

    Menambahkan Lampu Bardi

  6. Setelah itu tuliskan password WiFi yang akan dipakai untuk lampu tersebut.

    Menulis Password WiFi untuk Lampu Pintar Bardi

  7. Nantinya Bardi Smart Home akan mulai mendetksi lampu smart bulb dalam beberapa saat, kurang lebih 1 menit.
  8. Apabila sudah tersambung, kamu akan diminta untuk menuliskan nama untuk lampu tersebut, misalnya “lampu kamar” supaya mudah dikenali.
  9. Dan selesai, kini kamu bebas mengontrol lampu tersebut dari aplikasi Bardi Smart Home.

    Menggunakan Lampu Bardi Smart Bulb RGBWW

Saat ini lampu bardi smart bulb digolongkan menjadi 3 jenis watt. Ada yang 7, 9, dan 12. Namun semua itu cara penggunaannya sama saja. Sama seperti melakukan pairing bluetooth headset, awalnya mungkin sedikit ribet, namun lama-kelamaan akan mudah dan terbiasa.

Oh iya, proses pairing ini hanya perlu dilakukan sekali saja. Jadi selama nama WiFi kamu tidak berubah, pasti lampu ini akan bisa dikontrol tanpa ada masalah. Tapi apabila nama WiFi kamu berubah, silakan reset terlebih dahulu lampu ini sesuai langkah yang ada di aplikasi Bardi Smart Home.

Solusi Proses Pairing Lampu Bardi Gagal

Ketika proses pairing berlangsung, lampu akan berkedip secara cepat selama kurang lebih 3 menit. Jadi selama itu, proses pairing harus segera dilakukan. Karena jika lebih dari 3 menit lampu belum terhubung ke Bardi Smart Home, maka lampu tidak akan lagi berada pada mode pairing dan hanya menjadi lampu biasa.

Jadi apabila lampu sudah tidak berkedip, kamu bisa mematikan dan menghidupkannya secara cepat selama 3 kali sampai lampu itu berkedip kembali. Dan kemudian coba hubungkan kembali.

Pastikan juga bahwa password WiFi yang kamu tuliskan benar dari besar kecil tulisannya. Selain itu pastikan jangkauan sinyal WiFi telah cukup untuk wilayah lampu tersebut. Selama ponsel menjangkau sinyalnya, maka lampu ini juga dapat melakukan hal yang sama.

Proses pairing rata-rata hanya membutuhkan waktu 1 menit, atau bahkan kurang. Jika lebih dari itu, kemungkinan besar terdapat masalah autentikasi pada WiFi. Jadi kamu harus memastikannya lagi bahwa router yang dipakai tidak sedang di-filter atau memblokir akses ke perangkat lain.

Baca juga: Cara Mengetahui Judul Lagu yang Sedang Diputar

Kesimpulan

Sebenarnya menggunakan lampu pintar dari Bardi sangatlah mudah, yang sedikit sulit mungkin bagian pairingnya saja, karena proses autentikasi WiFi kadang memakan waktu yang berbeda-beda.

Jadi selama itu telah terhubung dan terpasang, kamu bebas mengatur gaya lampu sesuka hati. Bahkan jika kamu keluar rumah dan lupa untuk mematikan lampu, juga bisa kok menggunakan aplikasi Bardi Smart Home untuk mematikannya.

Jika kamu mengalami kebingungan atau mungkin ada yang ingin ditanyakan mengenai langkah-langkah yang saya terangkan diatas, silakan untuk menulis komentar pada kolom yang terletak dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.