Solusi Tombol Print Screen Tidak Bisa Mengambil Screenshot

Solusi Tombol Print Screen Tidak Bisa Mengambil Screenshot

Cara termudah dalam mengambil tangkapan layar atau screenshot di PC adalah melalui tombol Print Screen. Cukup dengan sekali tekan, nantinya gambar akan langsung tersimpan pada clipboard dan bisa ditempel dimana saja, termasuk pada sosial media.

Tapi adapun kendala dimana tombol tersebut tak merespon untuk mengambil tangkapan layar, sehingga ketika dicek pada Windows Clipboard, tak ada pengambilan gambar layar sekalipun yang terjadi. Dan pastinya hal ini menjadi masalah tersendiri untuk sebagian orang.

Rata-rata kejadian ini disebabkan karena adanya pengaturan yang belum diaktifkan. Dan pada Windows, pengguna diberikan opsi untuk mengaktifkan tombol Print Screen ini sebagai tangkapan layar, ataupun tidak.

Mengatasi Tombol Print Screen Bermasalah

Walau secara default tombol Print Screen ini telah diaktifkan sebagai opsi untuk menangkap layar di Windows, namun silakan cek ulang apakah fitur tersebut benar-benar telah aktif atau justru nonaktif. Berikut ini caranya:

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik pada menu Ease of Access.

    Klik menu Ease of Access

  3. Selanjutnya gulir kebawah dan klik menu Keyboard.

    Klik Menu Keyboard

  4. Gulir lagi kebawah dan aktifkan pada opsi Use PrtScn button to open screen snipping.

    Mengatasi Tombol Print Screen Tidak Bisa Mengambil Screenshot

  5. Lalu restart PC.

Setelah proses restart selesai, silakan coba menekan tombol Print Screen pada keyboard, dan pastinya kini tombolnya sudah dapat dipakai untuk mengambil screenshot. Dan hasilnya pun akan langsung tersimpan di Windows Clipboard.

Untuk mempermudah dalam mengelola hasil tangkapan layar tersebut, silakan aktifkan fitur clipboard di Windows. Caranya bisa mengikuti pada artikel berjudul Mengaktifkan Clipboard Windows.

Baca juga: Cara Mengambil Screenshot Panjang di HP Samsung

Kesimpulan

Dengan mengaktifkan fitur screen snipping terhadap tombol Print Screen, mengambil screenshot akan jauh lebih mudah di komputer. Karena pengguna diberikan opsi untuk memilih area mana yang ingin diambil dan juga apa saja yang ingin ditandai. Semua itu bisa dilakukan tanpa perlu memasang program tambahan lagi.

Jika sekiranya tombol Print Screen pada keyboard mengalami kerusakan, maka cara diatas tidak akan berfungsi, mengingat yang berkendala adalah tombolnya dan bukan sistem pada komputer. Jadi apabila hal tersebut terjadi, saya sarankan untuk mengganti keyboardnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.