≡ Menu

Mengatasi After Effect: Unknown Exception Saat Dibuka

Cara Mengatasi After Effect: Unknown Exception Saat Dibuka

Mengedit video memang menyenangkan pada After Effect karena terdapat banyak sekali keunggulan yang ditawarkan. Terlebih lagi di internet banyak yang membagikan suatu template, sehingga para editor tidak capek-capek dalam membuat suatu hal, seperti efek motion, opener, dan lain-lain.

After Effect memanglah video editor yang berkelas, akan tetapi dibalik itu terdapat beberapa masalah yang kadang terjadi tanpa bisa disadari. Salah satunya adalah tidak bisa membuka program After Effect dan muncul pesan “Unknown Exception”.

Hal ini bisa disebabkan karena berbagai hal, salah satunya adalah setelan program yang mengalami kesalahan. Namun masalah ini masih dapat diatasi tanpa harus memasang ulang programnya. Simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya.

Solusi After Effect: Unknown Exception

Ada dua solusi yang akan dibagikan disini. Kedua hal tersebut sangat aman untuk dilakukan dan juga mudah. Jadi dibanding harus menginstal ulang program After Effect, ada baiknya untuk melakukan solusi mudah dibawah ini.

1. Beri Whitelist Terhadap After Effect pada Antivirus

Apabila kamu menggunakan antivirus tambahan pada komputer, silakan masukkan After Effect pada daftar whitelist supaya masalah ini tidak terjadi. Karena terkadang sistem antivirus salah dalam mendeteksi, sehingga proses pembukaan program akan langsung dihentikan.

Cara untuk memberi whitelist atau pengecualian terhadap suatu program berbeda-beda pada jenis Antivirus yang digunakan. Namun kamu bisa mengetahui caranya pada situs resmi antivirus yang digunakan.

Sedangkan jika kamu tidak menggunakan program antivirus sekalipun, kemungkinan besar masalahnya disebabkan dari fitur Controlled Folder Access pada ransomware protection (windows defender). Jadi silakan tambahkan pengecualian untuk program After Effect supaya masalah ini tidak timbul lagi.

Untuk cara menambah pengecualinnya sangatlah mudah, silakan ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik menu Update & Security.
  3. Lalu klik Windows Security.
  4. Kemudian klik opsi Virus & threat Protection.
  5. Gulir kebawah dan klik pada Manage Ransomware Protection.
  6. Selanjutnya klik opsi Allow an app through Controlled folder access.
  7. Klik tombol Add an Allowed App dan pilih Browser All Apps.
  8. Langkah terakhir, silakan menuju direktori instalasi After Effect, dan tambahkan programnya.

Setelah itu, silakan restart komputer terlebih dahulu dan setelah itu buka kembali program After Effect. Apakah sekarang sudah bisa dibuka dengan baik? Jika sekiranya masih tetap sama, silakan lanjut ke langkah berikutnya.

2. Menyetel Ulang Pengaturan After Effect

Cara yang kedua ini juga terbilang ampuh, karena beberapa pengguna mengalami kendala ini akibat setelan After Effect yang mengalami kerusakan. Karena setelan tersebut tersimpan dalam bentuk file di suatu folder, dan dengan menghapus folder yang berisi setelan tersebut akan mengembalikan pengaturan After Effect seperti awal penggunaan.

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Silakan menuju direktori atau folder berikut ini:

    C:\Users\Nama PC\AppData\Roaming\Adobe\After Effects

    Teks yang berwarna merah adalah contoh dari nama perangkat. Dan pada dasarnya folder AppData ini tidak tampil, jadi silakan untuk mengatur di Folder Option supaya folder dan file tersembunyi bisa tampil.

  3. Jika sudah menuju direktorinya, akan muncul folder sesuai versi Adobe After Effect yang kamu pakai, misalnya 16.0.
  4. Silakan hapus folder yang tampil disana.
  5. Apabila sudah dihapus, silakan buka program After Effect dan lihat hasilnya.

Beberapa pengguna mengalami masalah ini setelah memasang suatu plugin baru. Tapi permasalahan ini tidaklah sering terjadi alias sangat jarang.

Jadi ketika kamu berhasil membuka kembali progam After Effect setelah melakukan langkah diatas, silakan atur kembali pengaturannya pada Preferences.


Baca juga: Cara Mengatasi Ukuran Render After Effect Terlalu Besar

Itu saja beberapa solusi mudah untuk mengatasi Adobe After Effect yang tak bisa dibuka. Dan melakukan langkah diatas sebenarnya sangatlah cepat, dan hanya berlangsung hitungan menit saja.

Mungkin kamu memiliki pertanyaan atau tambahan mengenai kedua cara diatas, silakan untuk berkomentar pada kolom yang telah disediakan dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap