Cara Mengakses Messenger Facebook Secara Gratis Tanpa Kuota

Cara Mengakses Messenger Facebook Secara Gratis Tanpa Kuota

Facebook memisahkan aplikasi perpesanannya bernama Messenger yang hanya dikhususkan untuk melakukan percakapan, baik itu secara teks, voice chat, atau video call. Tapi sudah tahukah kamu jika aplikasi Messenger tersebut sebenarnya bisa diakses secara gratis? Bahkan tanpa perlu kuota atau paket internet.

Jadi ini layaknya seperti menggunakan mode gratis pada Facebook, hanya saja terdapat sedikit perbedaan. Justru pada Messenger memiliki batasan tersendiri, namun setidaknya itu masih bisa digunakan untuk menerima pesan berbentuk gambar.

Kemungkinan fitur ini tidak hadir untuk seluruh kartu seluler, sehingga untuk beberapa kartu, menu untuk menikmati mode gratis ini tidak akan tampil. Namun tak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu mengikuti langkah yang dibagikan pada artikel ini.

Mengaktifkan Mode Gratis pada Messenger Facebook

  1. Buka aplikasi Messenger.
  2. Ketuk pada foto profil.

    Ketuk Foto Profil

  3. Kemudian gulir kebawah dan pilih menu Messenger Gratis.

    Ketuk Menu Messenger Gratis

  4. Tahap terakhir, aktifkan mode gratis tersebut.

    Mengakses Messenger Facebook Secara Gratis Tanpa Kuota

Apabila mode telah diaktifkan, nantinya akan muncul teks “Anda menggunakan Messenger secara gratis” persis seperti gambaran pada langkah terakhir diatas. Dan seperti yang telah saya katakan diatas tadi bahwa mode gratis ini memiliki batasan.

Batasan tersebut adalah akses gratis yang hanya bisa dinikmati pada pesan masuk saja, jadi untuk pesan keluar akan tetap dikenakan biaya data. Kemungkinan besar mode gratis ini juga terkait dengan salah satu akses ke Freebasics.

Mengapa Menu Messenger Gratis Tidak Ada?

Hal ini disebabkan karena kartu seluler yang kamu pakai tidak mendukung untuk menggunakan mode gratis ini. Di lain sisi, hal ini juga bisa disebabkan karena kamu masih menggunakan aplikasi Messenger versi lama, untuk itu silakan coba untuk memperbarui terlebih dahulu di Play Store.

Mode gratis ini pada dasarnya sudah ada sejak lama, kurang lebihnya mulai tahun 2019 yang lalu. Hingga sekarang tak ada perubahan terhadap menu untuk mengaktifkannya.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Status Online di Messenger

Kesimpulan

Fitur Messenger Gratis dapat diaktifkan melalui pengaturan aplikasi. Ketika itu telah diaktifkan, kamu bisa mulai menerima pesan secara gratis tanpa harus mengeluarkan kuota. Mode ini hanya bisa diaktifkan ketika kamu sedang terhubung ke internet.

Apabila kamu memiliki pertanyaan mengenai tutorial yang dibagikan diatas, sangat dipersilakan untuk menuliskan pertanyaannya pada kolom komentar untuk mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *