Mengatasi Netmod “Application is already installed” di PC

Mengatasi Netmod Application is already installed di PC

Aplikasi Netmod versi desktop tampaknya terus diperbarui oleh developer dan kini tampilan UI yang dihadirkan semakin bagus dari sebelumnya. Ada pun kendala kecil ketika pengguna hendak memperbarui Netmod sehingga itu tidak berjalan lancar.

Yaitu munculnya notif “Application is already installed” ketika ingin memasang versi baru atau mungkin menginstal ulang. Berdasarkan notif yang muncul, Netmod masih dalam keadaan terpasang pada sistem, tapi bagaimana jika pada dasarnya kamu telah menghapusnya?

Apabila kamu yakin sebelumnya sudah menghapus aplikasi Netmod, kemungkinan besar terjadi kesalahan pada saat proses uninstal di PC sehingga data-data Netmod sebelumnya belum terhapus sepenuhnya. Tapi jangan khawatir, karena di sini akan saya bagikan solusi mengatasinya.

Hapus Direktori Instalasi Netmod Secara Manual

Terkadang proses penghapusan otomatis melalui kontrol panel di PC mengalami kegagalan karena terdapat kesalahan pada file uninstal yang ada di program/aplikasi. Jadi Silakan cek pada direkori berikut ini:

C:\Program Files (x86)\NetMod

Jika di dalamnya masih ada file dari Netmod, itu tandanya memang benar bahwa Netmod masih belum terhapus dengan benar. Jadi sekarang silakan hapus direktori tersebut dan kemudian lanjut ke langkah berikutnya.

Hapus Registry Netmod yang Masih Terdaftar di Sistem

Dikarenakan proses penghapusan manual pada dasarnya hanya menghapus direktori saja, tapi untuk melengkapinya, kamu harus menghapus pula registry Netmod yang terdaftar di sistem. Caranya sangat mudah dan bisa menggunakan bantuan aplikasi bernama Ccleaner.

Buka Ccleaner dan masuk ke menu Tools > Uninstall. Kemudian soroti Netmod dan klik tombol Delete. Berikut ini contoh gambarannya:

Menghapus Registry Netmod Melalui Ccleaner

Apabila sudah, gunakan Registry Scanner yang ada di Ccleaner dan hapus seluruh registry yang bermasalah atau tidak terpakai. Dan setelah itu cobalah untuk membuka file instalasi Netmod, dan sepastinya tidak akan muncul kesalahan ini lagi.

Baca juga: Cara Membersihkan File Sampah di Windows 11

Kesimpulan

Kesalahan “Application is already installed” ketika membuka file instalasi Netmod, disebabkan karena adanya aplikasi Netmod yang masih terpasang di sistem. Walaupun kamu sudah menghapusnya dari kontrol panel, kemungkinan terdapat masalah pada saat proses uninstall sehingga Netmod tidak terhapus dengan benar.

Solusi untuk itu adalah menghapus direktori instalasi Netmod secara manual dan juga menghapus registry Netmod yang saat ini terdaftar. Jika kamu mengikuti solusi di atas dengan benar, maka seharusnya saat ini aplikasi Netmod telah terpasang dan bisa dijalankan dengan normal.

Jika kamu memiliki pertanyaan, langsung saja tuliskan itu pada kolom komentar untuk mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *