≡ Menu

5 Cara Mengatasi Google Chrome Sering Macet di PC

5 Cara Mengatasi Google Chrome Sering Macet di PC

Google Chrome dikenal sebagai browser yang berat, namun menurut Saya itu adalah browser yang sama seperti yang lainnya. Hanya saja beberapa faktor memang dapat membuat suatu browser menjadi berat, dan sesekali menyebabkan macet secara tiba-tiba.

Macet atau nge-freeze adalah hal yang mungkin sering dialami oleh pengguna. Dimana segala hal pada Google Chrome tidak bisa digerakan kecuali mengeluarkannya secara paksa dari dialog not responding yang muncul.

Masalah macet tersebut masih dapat diatasi, namun tidak langsung dengan satu cara saja. Itu dikarenakan masalahnya terjadi dari beberapa faktor. Jadi dengan mengikuti beberapa tips yang dibagikan di artikel ini, masalah macet tersebut pasti akan hilang dan tidak lagi muncul.

1. Nonaktifkan Ekstensi yang Tidak Digunakan

Terkadang kita tidak sadar apabila telah memasang ekstensi yang begitu banyak pada Google Chrome. Namun sebagian eskstensi tersebut tidak digunakan, sehingga itu hanya akan memperbanyak ruang pada task saja.

Setiap ekstensi memiliki ukuran yang berbeda-beda, dan yang paling besar mungkin adalah sejenis AD Block. Kurang lebihnya setiap ekstensi membutuhkan puluhan MB proses yang berjalan di latar belakang.

Untuk itu, jika terdapat ekstensi yang aktif dan tidak sedang digunakan, ada baiknya untuk dinonaktifkan saja.

2. Pindai Terhadap Ekstensi Jahat

Tips ini bertujuan untuk melindungi komputer terhadap ekstensi yang melakukan koin mining dan menggunakan CPU perangkat secara maksimum. Hal ini dapat diketahui ketika kamu mengecek pada task manager, biasanya total penggunaan CPU pada proses atau task terhadap browser Google Chrome lebih dari 80% atau mencapai 100%.

Untuk mengatasinya, silakan pindai Google Chrome dengan bantuan program pendeteksi malware. Misalnya yang paling ampuh adalah MalwareBytes atau ADWCleaner yang bisa diunduh secara gratis pada situs official masing-masing.

3. Jangan Membuka Tab Banyak Secara Bersamaan

Ini juga kadang tidak disadari setiap kali menjelajahi internet dan tiba-tiba tab begitu banyak terbuka. Semakin banyak tab banyak yang aktif, tentunya akan terus menambah bobot proses Chrome di latar belakang.

Mungkin ini tidak menjadi masalah apabila RAM yang dimiliki cukup besar, akan tetapi ini akan sangat berpengaruh apabila RAM pada komputer/laptop kamu hanya 4GB atau dibawahnya.

Tapi ada cara lain untuk membuat tab yang tidak lama digunakan akan tertutup otomatis, yaitu menggunakan bantuan ekstensi bernama Tab Suspender. Mungkin kamu tertarik ingin mencobanya? Silakan pasang melalui Chrome Webstore.

Baca juga: Trik Mencegah Browser Ngelag dengan Extension Ini

4. Upgrade RAM dan Pasang SSD di Perangkat

Walau RAM bukan satu-satunya patokan untuk membuat segalanya lancar, namun untuk segala peramban termasuk Google Chrome memang perlu minimalnya 8GB RAM untuk bisa leluasa browsing dan membuka beberapa tab aktif.

Walau RAM sepertinya sudah cukup, tapi untuk membuatnya lebih halus lagi sangat disarankan untuk memasang SSD pada perangkatnya. Selama SSD digunakan untuk sistem, membuka dan mengoperasikan berbagai program akan terasa lebih cepat dari sebelumnya.

5. Hapus File Sampah pada Google Chrome Secara Rutin

File sampah pada Google Chrome antara lain adalah cache, papan klip, dan data riwayat browsing yang lain. Dengan menghapus secara rutin, akan menjamin browser tersebut tidak akan suka lemot atau macet saat dibuka atau bahkan pada saat browsing.

Untuk menghapusnya sangatlah mudah, silakan menuju Settings > Privacy and Security > Clear Browsing Data. Pada time range, ubah menjadi All Time dan setelah itu klik tombol Clear Data

Dengan melakukan cara diatas, seluruh situs yang pernah dikunjungi akan keluar atau logout, sehingga kamu hanya perlu masuk ulang saja. Jika tidak ingin keluar, silakan untuk tidak mencentang pada opsi Cookies saat hendak menghapus riwayat browsing.


Cukup itu saja beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat Google Chrome tidak macet lagi. Dan pastikan saat ini kamu tidak menonaktifkan pembaruan otomatis terhadap browser, karena setiap pembaruan pastinya akan membawa perbaikan apabila sebelumnya browser tersebut memiliki kesalahan.

Jika sekiranya kamu memiliki cara lain untuk membuat Google Chrome tidak macet selain diatas, sangat dipersilakan untuk membagikannya di kolom komentar yang ada dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap