≡ Menu

Kekliruan Sistem Tokopedia yang Sering Terjadi

Kekliruan Sistem Tokopedia yang Sering Terjadi

Selama saya menggunakan Tokopedia, ada beberapa hal menarik dan buruk yang pernah terjadi. Walau kebanyakan dari itu adalah hal menarik, namun terdapat satu pengalaman buruk di situs e-commerce. tersebut. Yaitu kekliruan dari sisi sistem.

Hal ini tak hanya menimpa saya saja, namun dari penelusuran yang saya lakukan, ada banyak sekali pengguna yang diresahkan akibat kekliruan sistem ini. Dan parahnya masalah ini telah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu, dan sampai sekarang masih belum ada peningkatan sama sekali.

Artikel ini saya buat sebagai review terkait kekliruan sistem Tokopedia yang terbilang cukup parah. Yang mana hal ini dapat merusak nama baik seseorang. Salah satu contohnya adalah kekliruan dalam memberi pelanggaran terhadap akun Tokopedia pada saat menggunakan promo tertentu.

Akun Dianggap Melanggar Promo Diskon Pulsa

Tak ada hal yang sempurna, bahkan untuk sistem Tokopedia sekalipun. Walaupun setiap transaksi melewati dari sistem verifikasi yang ketat terhadap pelanggaran, tapi nyatanya itu tidak 100% akurat. Karena kekliruan ini pernah terjadi pada saya selama 2 kali.

Sekilas cerita, saya membeli pulsa 50 ribu menggunakan promo diskon 10 ribu yang tersedia pada hari itu. Namun setelah pembayaran berhasil, sistem Tokopedia langsung membatalkan transaksi tersebut dan mengirimkan pesan di email bahwa saya telah melanggar promo tersebut akibat telah memiliki akun lain yang telah melakukan transaksi yang sama.

Pesan Pelanggaran Promo Tokopedia di Email

Tentunya saya langsung tercengang setelah melihat pesan tersebut. Karena merasa tidak melanggar, jadi saya langsung melakukan komplain di bagian Pusat Bantuan Tokopedia. Walau beberapa saat kemudian saldo saya di-refund, akan tetapi pihak support Tokopedia mengatakan bahwa saya memiliki akun ganda. Berikut ini pesannya:

Tokopedia Menganggap Pengguna Memiliki Akun Ganda

Saya makin curiga, siapakah Yosef yang tertera di pesan tersebut, karena 100% saya tidak mengenal nama dan informasi yang diberikan tersebut. Jadi saya mengatakan kembali ke Tokopedia bahwa saya hanya memiliki satu akun saja dan tidak memiliki kaitan terhadap akun bernama Yosef tersebut.

Verifikasi KTP Akibat Kekliruan Sistem Tokopedia

Melanjutkan dari proses komplain, pihak support Tokopedia meminta saya untuk mengunggah foto KTP untuk mengetahui bahwa akun yang saya gunakan saat ini benar-benar milik pribadi. Jadi saya kirimkan foto KTP pada saat itu untuk memberikan bukti yang kuat.

Setelah beberapa menit, terdapat pesan masuk, dimana saya harus menunggu tim investigasi untuk melakukan pengecekkan lebih lanjut.

Selang 1 hari menunggu, akhirnya pesan masuk lagi dari tim investigasi yang mengatakan bahwa saya dapat bertransaksi lagi menggunakan promo yang tersedia saat ini. Berikut pesannya:

Masalah Selesai

Walau case ini terbilang clear, namun sayangnya promo diskon yang saya gunakan pada hari kemarin telah kadaluarsa dan tak dapat digunakan lagi.

Akun Dianggap Melanggar Lagi dari Promo Cashback

Satu bulan kemudian setelah terbebas dari fitnah oleh sistem Tokopedia, akhirnya saya mendapatkan masalah serupa. Dan parahnya hal ini selalu terjadi ketika membeli pulsa. Tapi kali ini saya tidak menggunakan promo diskon, melainkan promo cashback.

Pulsa yang saya beli telah masuk, namun saya mendapatkan pesan email bahwa cashback telah dibatalkan karena melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia. Lagi-lagi saya dituduh oleh sistem Tokopedia bahwa saya memiliki akun lain.

Tapi kali ini bukan bernama Yosef, melainkan bernama Nur Huda. Pastinya saya sangat kesal terhadap bug sistem ini, sehingga saya harus melakukan komplain lagi untuk memperbaiki nama baik terhadap akun saya.

Sistem Tokopedia Menuduh Pelanggaran Lagi

Mendapatkan Cashback Setelah Panjang Lebar Menjelaskan

Hampir sama seperti sebelumnya, dimana masalah ini membutuhkan waktu 2 hari secara total untuk menyelesaikannya. Selama itu sebenarnya proses yang lama adalah pengecekkan dari tim investigasi, dan saya meminta mereka mengecek pada nomor tiket sebelumnya, dimana saya telah pernah mengunggah foto KTP sebelumnya.

Dan pada akhirnya saya mendapatkan notifikasi bahwa akun saya telah menerima cashback:

Cashback Telah Berhasil Diterima

Baca juga: Cara Melihat Seluruh Daftar Pembelian di Tokopedia

Kesimpulan

Dari sini sudah bisa dinilai bahwa sistem Tokopedia yang sebenarnya membutuhkan peningkatan supaya tidak menuduh orang se-enaknya. Kalo tuduhan itu benar pun pastinya tidak ada masalah, tapi kalo terus salah seperti yang saya alami, pastinya akan meresahkan para pengguna.

Jadi itulah pengalaman terburuk saya menggunakan Tokopedia, yaitu dituduh oleh suatu sistem. Jadi apabila kamu mengalaminya juga, sebaiknya untuk melakukan komplain terhadap pihak support Tokopedia untuk membenarkan masalahnya.

Hal buruk ini bukan berarti saya membenci Tokopedia, karena di lain sisi saya juga memiliki pengalaman terbaik yang mana sudah banyak terbagikan di Blog Second. Semoga kedepannya kekliruan sistem ini segera diperbaiki supaya tak meresahkan lebih banyak pengguna.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap