≡ Menu

Cara Menambah Widget Ramalan Cuaca pada Windows 10

Sekarang ini terdapat banyak sekali situs web yang menyediakan informasi ramalan cuaca dengan akurat, sebagian dari itu memiliki aplikasi khusus yang bisa diunduh pada perangkat guna untuk mengecek informasi cuaca dengan cepat.

Tapi tahukah kamu bahwa pada Windows 10 sebenarnya telah memiliki aplikasi ramalan cuaca? Itu merupakan fitur bawaan yang sangat berguna untuk mengetahui informasi cuaca secara detail, sehingga kamu tidak perlu lagi memasang aplikasi yang lainnya.

Bagian terbaiknya adalah aplikasi Cuaca ini memiliki widget yang dapat dipasang pada Start Menu. Dengan begitu kamu dapat terus memantau sekilas informasi cuaca dengan mudah tanpa perlu membuka aplikasi lagi.

Tambah Widget Cuaca pada Start Menu Windows

Untuk saat ini aplikasi Cuaca pada Windows 10 hanya mendukung untuk pemasangan widget berjenis live tile pada Start Menu. Sayangnya belum ada opsi untuk menampilkannya langsung pada Desktop. Akan tetapi Saya juga memberikan alternatif lain dibawah nanti.

Silakan simak dan ikuti langkah-langkah untuk menambah widget cuaca pada Start Menu Windows 10 berikut ini:

  1. Buka pencarian Windows.
  2. Kemudian ketik Cuaca dan ENTER.

    Ketuk Cuaca pada Pencarian Windows

  3. Pada aplikasi Cuaca, klik pada ikon PIN.

    Klik Ikon PIN

  4. Maka akan muncul dialog konfirmasi, silakan klik Yes.

    Menambah Widget Ramalan Cuaca pada Windows 10

  5. Selesai, kini widget cuaca telah berhasil ditambahkan pada Start Menu.

    Widget Ramalan Cuaca Berhasil Terpasang

Widget yang ditambahkan berjenis live tile yang mana itu akan menampilkan informasi cuaca dari beberapa aspek secara terus-menerus. Kamu juga bisa mengatur letak dan juga ukuran tile tersebut sesuai keinginan.

Baca juga: Beberapa Cara Melihat Prediksi Cuaca di Internet

Menampilkan Widget Cuaca di Desktop

Berbeda dengan cara diatas, kini kamu tidak menggunakan aplikasi Cuaca bawaan dari Windows, melainkan harus memasang aplikasi yang lain. Dan aplikasi yang dimaksud adalah Widget Launcher atau dulunya bernama Widget HD.

Aplikasi tersebut mampu menampilkan berbagai widget pada desktop, seperti Jam, RSS, Kalender, Cuaca, dan beberapa lain lagi. Yang pasti aplikasi ini dapat diunduh secara gratis pada Microsoft Store.

Aplikasi Widget Launcher untuk Menampilkan Ramalan Cuaca pada Desktop

Jadi silakan buka Microsoft Store, kemudian cari dengan kata kunci Widget Launcher, dan klik tombol GET. Setelah itu proses download akan dimulai dan silakan tunggu sampai aplikasi berhasil dipasang.

Setelah aplikasi terpasang, kamu bisa memilih widget mana yang akan ditampilkan pada desktop. Bahkan kamu dapat menambah banyak widget sekaligus lho.

Kesimpulan

Aplikasi Cuaca bawaan di Windows 10 hanya dapat menampilkan widget berupa live tile pada Start Menu saja. Sehingga apabila kamu lebih ingin menampilkannya pada desktop, maka harus mengunduh aplikasi lain pada Microsoft Store.

Tapi menurut saya, aplikasi Cuaca bawaan saja sudah cukup bagus lho dalam menampilkan informasi cuaca. Terlebih lagi aplikasi tersebut sangat ringan untuk diakses dengan tampilan yang minimalis dan tidak berlebihan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap