≡ Menu

Cara Cek Nomor Sudah Mendukung 4G atau Belum

Cara Cek Nomor Sudah Mendukung 4G atau Belum

Nomor yang telah mendukung jaringan 4G memang lebih stabil ketika digunakan untuk mengakses internet. Dibanding 3G, pastinya 4G jauh lebih cepat dalam proses download dan upload. Rata-rata saat ini seluruh kartu seluler telah mendukung 4G, tapi adapun kartu lama yang masih tidak mendukungnya.

Jika kamu memiliki kartu yang tergolong lama, misalnya sejak bertahun-tahun yang lalu, maka kemungkinan besar nomornya belum mendukung jaringan 4G. Jadi meski kartu tersebut dipasang pada ponsel yang mendukung jaringan 4G pun tidak akan muncul signalnya atau selalu beralih otomatis ke jaringan 3G.

Namun untuk memastikan kembali apakah nomornya telah mendukung 4G atau belum, artikel ini akan menjelaskan sedikitnya dua cara untuk mengetahuinya.

Cek Nomor Sudah Mendukung 4G atau Belum Semua Operator

Beberapa operator menyediakan cara yang berbeda-beda dalam mengecek dukungan 4G pada nomornya. Namun tak perlu khawatir, karena ada cara yang lebih mudah untuk mengetahuinya. Langsung saja simak kedua caranya berikut ini,

1. Menggunakan Aplikasi Kartu Seluler yang Digunakan

Setiap kartu seluler memiliki aplikasi khusus yang berguna untuk mengecek berbagai hal terhadap kartu. Baik itu transaksi, pulsa, membeli paket, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari aplikasi tersebut juga menyediakan informasi untuk mengecek apakah nomornya telah mendukung 4G atau belum.

Silakan instal aplikasi resmi sesuai kartu seluler yang dipakai. Inilah daftarnya:

  • MyTelkomsel – Kartu Telkomsel
  • MyIm3 – Kartu Indosat Ooredoo
  • AxisNet – Kartu Axis
  • MyXL – Kartu XL
  • Bima+ – Kartu Tri

Baca juga: 3 Cara Mengubah Alamat IP pada Jaringan 4G

2. Menghubungi Operator Kartu Seluler

Cara kedua yang menurut saya cukup mudah untuk dilakukan adalah langsung menghubungi pihak operator sesuai kartu seluler yang dipakai. Kamu bisa menghubungi mereka secara gratis melalui akun sosial media official, seperti di Twitter, Facebook, atau Instagram.

Tentunya mereka akan membantu untuk mengecek dukungan jaringan pada nomor yang kamu pakai. Dan sebagian operator juga memerlukan verifikasi tambahan, contohnya kamu akan ditanyai kapan terakhir mengisi pulsa. Kemungkinan hal tersebut bertujuan untuk memastikan kamu adalah pemilik nomor tersebut.

Dan pastikan juga kamu menghubungi akun operator kartu seluler dengan benar. Pastikan akun tersebut memiliki badge verifikasi pada samping usernamenya, yang mana itu menandakan bahwa akun tersebut asli.


Hanya kedua cara diatas yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah nomornya telah mendukung jaringan 4G. Jika pun belum, kamu bisa mendatangi gerai operator terdekat untuk memperbarui kartu SIMnya.

Beberapa kartu juga bisa mengecek dukungan jaringan 4G melalui kode USSD, namun sayangnya tak semuanya bisa melakukan cara ini. Untuk itulah kenapa metode ini tidak saya masukkan diatas. Dan menurut saya sendiri cara termudah untuk mengeceknya adalah menghubungi CS kartu seluler di sosial media.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap