Cara Mendapatkan Kode Unik Akun Google di Android

Cara Mendapatkan Kode Unik Akun Google di Android

Tahukah pengguna bahwa seluruh ponsel yang telah tertaut dengan akun Google pasti telah diberikan kode unik yang dapat digunakan untuk masuk pada perangkat lain. Walau sebenarnya kode tersebut tidak begitu diperlukan, tapi sangat penting bagi pengguna untuk mengetahuinya.

Karena siapa tahu suatu saat Google menganggap adanya aktivitas yang mencurigakan disaat pengguna ingin memasuki akun tersebut sehingga terdapat beberapa pilihan untuk menyelesaikan masalah, salah satunya adalah memberikan kode unik ini.

Untungnya, kode unik tersebut bisa didapatkan secara offline. Sebab sistem Google sudah menanamkan kode tersebut ketika pengguna memasuki akun. Memang mengesankan, bahkan ada banyak kode yang sudah disediakan untuk cadangan.

Baca juga: Cara Logout atau Keluar Akun Google pada Browser

Cara Mendapatkan Kode Unik Akun Google di Android

Gunakan cara ini untuk dijadikan sebagai pengalaman atau mengatasi masalah login pada akunnya saat ini. Tapi jika pengguna sedang mengalaminya, pasti disana terdapat opsi untuk memilih masuk menggunakan kode yang ada di perangkat ponsel. Dan berikut ini cara mendapatkannya.

  1. Silakan buka ponsel dan masuk ke aplikasi bernama Google Settings atau Setelan Google.
  2. Gulir kebawah dan ketuk pada menu bernama Security atau Keamanan.

    Cara Mendapatkan Kode Unik Akun Google

  3. Kemudian pilih lagi menu bernama Security Code atau Kode Keamanan.

    Cara Mendapatkan Kode Unik Akun Google

  4. Nah, sekarang sudah tampil kodenya. Ada 2 kode yang tampil dan pengguna bisa memilih salah satu dari itu.

    Cara Mendapatkan Kode Unik Akun Google

  5. Jika ada beberapa akun Google yang tertaut, pengguna harus memilihnya terlebih dahulu pada opsi email yang ada diatas kode. Sebab setiap akun memiliki kode yang berbeda-beda.

Sebenarnya Google pun juga sudah memberikan tata cara yang terbilang rinci pada halaman Mengonfirmasi identitas menggunakan perangkat Android. Tapi mungkin pengguna kesulitan untuk mencari artikel tersebut dan terdampar di artikel ini.

Baca juga: Cara Menghapus Segala Riwayat Aktivitas pada Akun Google

Kapan Tepatnya Menggunakan Kode Unik Tersebut?

Pengguna dapat memakai kode tersebut disaat Google menampilkan pemberitahuan mengenai unusual sign-ins atau bisa disebut sebagai upaya masuk yang tidak biasa. Terkadang Google memberikan banyak pilihan seperti mengirim kode melalui SMS atau Telepon.

Selain itu biasanya juga terdapat pilihan yang lebih mudah, yakni menekan tombol YES pada ponsel yang telah tertaut akun tersebut. Dan pada akhirnya pengguna juga pasti menemukan opsi menggunakan kode unik ini yang mana menurut Saya lebih praktis dan bisa dilakukan dalam kondisi offline.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

2 comments
    1. Jika kondisinya tidak sedang menyimpan kode cadangan tersebut, maka tak ada cara lain lagi untuk memulihkan akunnya memakai metode ini gan. Biasanya Google juga menyediakan opsi lain untuk memverifikasi bahwa agan adalah pemilik akun tersebut, silakan coba masuk ke akun Google melalui browser untuk mengetahuinya lebih lanjut.

      Saya sarankan lain kali untuk menyimpan screenshot kode unik akun Google ini pada flashdisk atau penyimpanan aman lainnya, sehingga ketika ponsel hilang, akun Google masih dapat diakses dengan kode unik tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.