≡ Menu

Cara Ampuh Mengatasi HP Panas Secara Tiba-Tiba

Cara Ampuh Mengatasi HP Panas Secara Tiba-Tiba

Pada dasarnya temperatur HP akan meningkat apabila sedang digunakan bermain game, melakukan multitasking, dan sebagainya. Namun sangat tidak masuk akal apabila tiba-tiba suhu ponsel menjadi sangat panas ketika dipegang, padahal tidak membuka aplikasi yang berat.

Langsung saja ke intinya, bahwa kendala ponsel yang panas kebanyakan didasari karena adanya suatu proses yang masih berjalan, dan itu mengkonsumsi penggunaan CPU yang terlalu tinggi. Untuk mengatasinya, kamu harus meng-identifikasi proses yang menyebabkan itu dan menghentikannya.

Untuk meng-identifikasi di ponsel Android tidaklah semudah layaknya memakai Task Manager di komputer. Hal tersebut karena belum ada fitur yang menampilkan penggunaan CPU pada suatu aplikasi. Namun Android masih memiliki fitur untuk mengetahui proses apa saja yang sedang berjalan saat ini, yang mana itu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kendala ini.

Mengapa Suhu Ponsel Tiba-Tiba Panas?

Masalah ini pernah saya alami dan syukurnya telah teratasi dengan cara yang terbilang sederhana. Selama kendala ini tidak ada kaitannya dengan komponen hardware, maka segalanya bisa diatasi dengan mudah dan cepat.

Baiklah, saya akan sedikit bercerita mengenai kasus yang terjadi sebelumnya. Jadi pada saat itu saya hanya membuka beberapa aplikasi, salah satunya Facebook. Hanya skroll-skroll beberapa menit di beranda, namun tiba-tiba suhu ponsel meningkat dan bagian paling panas ada di samping, tepatnya dekat tombol power dan volume.

Tentunya itu membuat saya sedikit bingung, mengingat tidak banyak hal yang saya lakukan pada ponsel, alias hanya bermain sosial media saja. Tapi setelah memasang aplikasi untuk mengetahui kinerja CPU, akhirnya saya tahu penyebab yang membuat hal ini terjadi. Ternyata penyebabnya dari aplikasi yang mengalami malfungsi, jadi saya uninstall beberapa aplikasi dan akhirnya ponsel kembali pulih.

Dan pada artikel ini akan saya bagikan tata cara untuk mengidentifikasi aplikasi yang menyebbakan ponsel menjadi panas secara tiba-tiba. Silakan simak dengan baik mulai dari sini.

Solusi Ponsel Panas Secara Tiba-Tiba

1. Masuk Mode Aman

Ponsel Android memiliki fitur mode aman (safe mode) yang berguna untuk menjalankan ponsel tanpa ada interupsi dari suatu aplikasi yang terinstal. Jadi ketika mode ini aktif, hanya aplikasi sistem saja yang bisa digunakan.

Untuk mengaktifkan Mode Aman pada suatu ponsel kadang berbeda-beda. Tapi kamu bisa mengikuti tata cara pada artikel berjudul 2 Cara Masuk ke Safe Mode di HP Android.

Setelah masuk ke Mode Aman, cobalah untuk mengecek suhu ponsel kembali. Jika suhunya normal alias tidak lagi overheat, berarti penyebabnya dari salah satu aplikasi yang terinstal pada ponsel.

2. Pasang Aplikasi CPU Monitor

Tahap kedua adalah memasang aplikasi bernama CPU Monitor yang bisa kamu unduh melalui Play Store. Kegunaan dari aplikasi ini adalah mengecek penggunaan CPU pada setiap core. Dan aplikasi ini ada kaitannya dengan tahap selanjutnya.

Jika ponsel mengalami overheat, pastinya load pada semua atau sebagian core akan meningkat diatas 80%. Inilah yang membuat ponsel menjadi panas secara tak terduga dan tidak ada henti-hentinya. Dan setelah mengetahui kendala ini, hal yang terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi aplikasi penyebabnya.

3. Mengidentifikasi Aplikasi yang Menyebabkan Ponsel Panas

Pastikan bahwa Developer Mode pada ponsel kamu telah terbuka. Jika sekiranya sudah, silakan menuju Pengaturan > Opsi Pengembang dan kemudian ketuk pada menu Layanan yang Sedang Berjalan.

Dibagian ini kamu bisa mengetahui proses aplikasi apa saja yang sedang berjalan, namun masih tidak tahu persis aplikasi mana yang mengkonsumsi CPU tinggi.

Untuk itu, kamu bisa mengetahuinya dengan cara menghentikan proses pada setiap aplikasi satu-per-satu sambil mengecek aplikasi CPU Monitor untuk mengetahui perubahan tingkat konsumsi atau load CPU saat ini.

Jadi intinya setiap kali kamu menghentikan proses aplikasi, silakan cek pada CPU Monitor untuk melihat perbedaanya. Jika proses aplikasi yang menjadi penyebab berhasil dinonaktifkan, tentunya load CPU akan langsung menurun.

Kesimpulan

Secara keseluruhan ada tiga tahap yang harus kamu lakukan untuk bisa mengetahui dan juga memastikan bahwa kendala ponsel panas disebabkan oleh suatu aplikasi yang sedang berjalan. Jadi ketika kamu telah menemukannya, bisa langsung meng-uninstall atau menghentikan prosesnya.

Dan sebenarnya juga ada satu lagi cara ampuh apabila metode diatas tidak bisa diterapkan karena alasan tertentu, yaitu dengan mereset penuh ponselnya. Ini akan menghapus hampir segala hal pada ponsel, maka dari itu silakan cadangkan terlebih dahulu data penting seperti gambar, video, kontak, dan lain-lain supaya tidak hilang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap