Cara Menyambung PPTP atau SSTP di Windows 10

PPTP dan SSTP merupakan jenis VPN yang dihadirkan untuk perangkat Windows 10. Kedua itu memiliki perbedaan tersendiri, namun memiliki tujuan yang sama yaitu mengenkripsi jaringan untuk menghindari adanya penyadapan pada saat memakai jaringan umum/publik.

Penggunaan PPTP dan SSTP di Windows 10 sangatlah mudah, pasalnya pengguna tidak perlu memasang aplikasi client tambahan dan bisa langsung menyambungkan dari pengaturan. Berbeda jika memakai jenis VPN lain yang harus memakai aplikasi tambahan.

Mungkin kamu juga perlu tahu sebelumnya bahwa PPTP ini merupakan jenis VPN yang tergolong lawas dan pernah mengalami masalah, dan SSTP jauh lebih baik untuk saat ini dan memiliki cakupan yang lebih besar dibanding PPTP.

Tutorial Menguhubungkan PPTP atau SSTP di Windows 10

Sebelum mengikuti langkah-langkah menyambungkannya, pastikan kamu telah memiliki kredensial akun PPTP atau SSTP yang akan dihubungkan nantinya. Jika sekiranya belum punya, silakan cari di Google, ada beberapa website yang menyediakan PPTP atau SSTP secara gratis.

Dan berikut ini langkah untuk menyambungkannya, silakan diikuti dengan baik:

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik Menu Network & Internet.

    Klik Menu Network dan Internet

  3. Lalu klik menu VPN.

    Klik Menu VPN

  4. Selanjutnya klik opsi Add a VPN Connection untuk mulai menambahkannya.

    Menambahkan VPN PPTP atau SSTP di Windows 10

  5. Pada opsi VPN Provider, pilih Windows (built-in).

    Cara Menghubungkan PPTP atau SSTP di Windows 10

  6. Lalu opsi Connection Name, isi dengan nama VPN yang akan kamu buat, contohnya VPNku.
  7. Opsi Server Name dibawahnya silakan isi dengan host atau server VPN yang telah disiapkan.
  8. Kemudian untuk opsi VPN Type, silakan pilih jenis VPN yang akan digunakan, contohnya SSTP.
  9. Lanjut kebawah pada bagian Username dan Password, isi dengan informasi akun VPN yang telah disiapkan.
  10. Tahap terakhir, klik tombol Save.
  11. Sekarang, kamu bisa menyambungkannya dengan menekan pada nama VPN tadi, dan klik tombol Connect.

    Menyambungkan VPN PPTP atau SSTP pada Windows 10

Proses menyambung biasanya hanya sekejap dan tidak perlu waktu yang lama. Dan profil tersebut pun juga nantinya akan muncul dibagian opsi jaringan pada toolbar, jadi menyambungkannya tidak perlu jauh-jauh lagi melalui Windows Settings.

Solusi Muncul Pesan Error Saat Menyambung PPTP atau SSTP

Dari banyaknya masalah ini terjadi, rata-rata disebabkan karena pengguna salah memasukkan kredensial dengan benar. Baik itu dari server, username, atau password. Untuk itu silakan cek kembali informasinya dan kemudian cobalah untuk menyambungkan ulang.

Silakan restart perangkat juga untuk memastikan masalahnya bukan akibat malfungsi sistem. Kamu juga bisa mencari kendalanya di Google terkait dengan pesan error yang muncul. Pastinya akan lebih mudah diatasi apabila mengetahui penyebab sesungguhnya.

Baca juga: Cara Membuat SSTP Server di Ubuntu

Kesimpulan

Setiap kali kamu menambahkan VPN baru di Windows, itu akan tersimpan sebagai profil. Sama halnya seperti langkah diatas. Jadi ketika kamu ingin menghubungkan ke VPN tersebut, bisa langsung dengan mudah melalui ikon jaringan pada toolbar.

Di internet juga ada beberapa layanan VPN premium yang menyediakan informasi akun PPTP ataupun SSTP. Hanya saja kedua jenis ini memang tidak cukup populer, karena terdapat jenis VPN lain yang lebih bagus dalam pengamanan jaringan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *