≡ Menu

Cara Membersihkan Data Browsing Firefox Sepenuhnya

Cara Membersihkan Data Browsing Firefox Sepenuhnya

Ada banyak sekali perubahan yang ada di browser Mozilla Firefox, tak hanya dari sisi tampilan saja, bahkan untuk performanya juga meningkat drastis. Memungkinkan semua pengguna tetap betah untuk browsing menggunakan peramban ini.

Seiring berjalannya waktu, Firefox telah menyimpan seluruh riwayat browsing yang kamu lakukan. Seperti URL halaman, sesuatu yang kamu tuliskan pada formulir, dan lain-lain. Tentunya hal tersebut tidak bagus untuk terus tersimpan apabila tak sedang menggunakan komputer pribadi.

Untuk itulah setiap browser menyediakan fitur untuk menghapus data browsing sepenuhnya guna untuk menjaga privasi setiap orang yang telah menggunakan peramban tersebut. Selain itu, dengan menghapus data ini, kamu juga akan menghemat ruang bebas pada drive sistem.

Tutorial Menghapus Data Browsing di Firefox

Cara yang akan dibagikan disini bertujuan untuk menghapus data browsing yang telah kamu lakukan dari dulu sampai sekarang ini di browser Firefox. Tapi tak usah khawatir, ini tidak akan mempengaruhi terhadap akun di sosial media atau ekstensi yang sedang digunakan.

  1. Klik tombol Menu yang berada di pojok kanan atas.

    Klik Tombol Menu di Firefox

  2. Selanjutnya klik menu Pengaturan.

    Klik Pengaturan

  3. Lalu menuju menu Privasi & Keamanan.

    Menuju Privasi dan Keamanan

  4. Gulir kebawah sampai pada bagian Riwayat, klik tombol Hapus Riwayat.

    Menghapus Data Browsing di Mozilla Firefox

  5. Atur jangka waktu menjadi Semuanya, dan centang seluruh opsi dibawahnya.

    Membersihkan Data Browsing Firefox

  6. Lanjutkan menekan tombol OKE.
  7. Silakan tunggu proses penghapusan selesai.

Proses penghapusan biasanya berlangsung cepat, itu tergantung dari seberapa besar data browsing yang telah tersimpan saat ini. Jika prosesnya lama, itu berarti berkas cache yang tersimpan pada sistem kemungkinan menumpuk, jadi silakan ditunggu saja sampai prosesnya selesai.

Dan apabila prosesnya sudah selesai, kini browser Firefox telah bersih sepenuhnya. Itu seolah kamu belum pernah mengunjungi satu situs web pun. Tapi selain cara diatas ada yang lebih mudah lho dalam menghapusnya. Jika ingin tahu lebih lanjut, silakan simak terus artikel ini.

Membersihkan Riwayat Browsing Firefox Menggunakan Shortcut

Menggunakan shortcut jauh lebih cepat ketimbang cara diatas. Sejak dulu Firefox dan beberapa browser lainnya memiliki kode pintasan yang sama dalam menghapus histori browsing. Berikut ini kode pintasan tersebut.

CTRL+SHIFT+DELETE

Pencet kode tersebut secara bersamaan, nantinya akan muncul dialog pada Firefox seperti langkah nomor-5 diatas. Jadi intinya dengan pintasan ini kamu tidak perlu menuju pengaturan lagi untuk menghapus data browsing.

Baca juga: Cara Memindahkan Data Browser dari Chrome ke Firefox

Akhir Kata

Itu saja dua cara yang bisa saya bagikan untuk menghapus riwayat browsing di browser Mozilla Firefox. Dan sebagai tambahan, Firefox pada dasarnya memiliki fitur untuk menjaga privasi dengan ketat pada pengaturan supaya pengguna tidak terlacak di internet.

Fitur itu tersedia di pengaturan privasi. dan silakan atur sebagai Ketat. Nantinya seluruh pelacak pengunjung yang ada di segala situs web takkan mendeteksi adanya perangkat kamu yang sedang mengunjungi halaman tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap