≡ Menu

Cara Ubah Nama Jaringan (Network) di Windows 10

Setiap kali menghubungkan jaringan baru, terkadang komputer akan menamai jaringan itu secara otomatis sebagai Network, salah satunya ketika memakai modem. Sekilas terlihat itu tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika kamu memiliki dua modem yang berbeda? Tentunya itu akan sedikit membingungkan apabila kedua jaringannya memiliki nama yang sama, sehingga kamu tidak bisa membedakan sedang memakai modem yang mana.

Tak hanya modem saja, tapi jaringan WiFi sebenarnya juga bisa kok dialihkan namanya tanpa merubah SSID. Namun untuk melakukan ini tidak bisa melalui pengaturan Windows, melainkan harus dari Registry Editor atau Local Security Policy.

Jadi dengan mengubahnya, kamu dapat mengetahui jenis jaringan yang sedang diguankan. Bahkan cara ini juga bisa digunakan untuk mengubah nama VPN yang sedang dipakai lho, tentunya tak ada resiko dalam melakukannya dan sepenuhnya aman.

Cara Mengubah Nama Jaringan Network di Windows 10

Tutorial ini akan menjelaskan cara yang paling termudah dan bisa dilakukan untuk keseluruhan komputer atau laptop Windows 10, yaitu menggunakan Registry Editor. Selama kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, takkan ada kendala yang terjadi.

Berikut ini tutorialnya, silakan untuk disimak:

  1. Klik tombol WINDOWS+R pada keyboard.
  2. Akan muncul dialog kecil, silakan ketik regedit dan kemudian klik ENTER.
  3. Sekarang silakan menuju direktori berikut:

    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\NetworkList\Profiles\

  4. Pastinya akan muncul banyak sekali profil. Tapi silakan cari satu per satu yang memiliki ProfileName bernama Network atau sesuai nama jaringan yang ingin diubah.

    Mencari Nama Jaringan yang Akan Diubah

  5. Jika sudah ketemu, silakan klik dua kali pada ProfileName dan setelah itu ubah nama jaringan tersebut sesuai yang diinginkan.

    Mengubah Nama Jaringan Network di Windows 10

  6. Selesai, sekarang silakan cek pada jaringan di komputer, pasti namanya telah berubah.

Nama jaringan yang telah diatur kini semakin mudah untuk dikenali, baik itu dari Modem ataupun WiFi. Nama tersebut takkan berubah meski komputer dimatikan atau direstart. Atau dengan kata lain, nama jaringan yang telah diatur bersifat tetap.

Baca juga: Cara Memblokir Jaringan WiFi pada Komputer Windows

Menghapus Nama Jaringan Ganda

Mungkin kamu juga pernah mengalami dimana suatu jaringan memiliki nama yang sama, contohnya Network 2 dan Network 3 (berbeda angka). Sebenarnya itu didasarkan dari perbedaan perangkat jaringan. Contohnya router berbeda yang memiliki nama WiFi sama.

Maka dari itu supaya profil tidak terlalu banyak, tak masalah juga untuk menghapusnya melalui registry editor. Caranya nyaris sama seperti diatas, hanya saja untuk menghapusnya perlu memilih profil yang tepat dan kemudian klik kanan dan pilih opsi Delete.

Menghapus Nama Jaringan Ganda di Windows 10

Pastikan kamu menghapus profil yang dikenali saja. Dan sebagai saran jangan menghapus profil yang berhubungan dengan jaringan internal, misalnya Microsoft atau Realtek.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap