≡ Menu

Mengatasi OpenVPN Error: All Tap Adapters are Currently in Use

Mengatasi OpenVPN Error: All Tap Adapters are Currently in Use

Saat ini OpenVPN banyak sekali diterapkan pada suatu layanan VPN populer di internet. Itu karena OpenVPN memiliki kestabilan yang luar biasa dan juga menjaga kecepatan tetap rata tanpa ada pengurangan yang drastis.

Adapun pengguna saat ini yang masih mengguankan OpenVPN Client dan memasang konfigurasi manual. Kebanyakan pengguna itu memungkinkan memiliki server premium untuk digunakan tiap harinya. Tetapi pada program OpenVPN Client pun kadang juga bisa bermasalah lho.

Salah satu masalahnya adalah tidak bisa terhubung meski autentikasi berjalan sempurna. Dan pada akhirnya muncul notif “All Tap Adapters are Currently in Use” yang mana artinya adalah seluruh TAP adapter sedang diguankan oleh program lain dan tidak bisa digunakan oleh OpenVPN Client.

Mengatasi All Tap Adapters are Currently in Use pada OpenVPN

Kendala seperti ini disebabkan karena TAP Adapters sedang tidak tersedia atau masih dipakai oleh program yang lain. Jadi solusinya adalah memastikan TAP Adapter tersedia untuk digunakan dan menghentikan proses program yang sedang menggunakan adapter tersebut.

Jadi sekarang silakan menuju ke Windows Settings > Network & internet > Change Adapter Options. Kemudian klik kanan pada TAP Adapter dan pilih opsi Disable. Tunggu sebentar sampai adapter tersebut nonaktif, setelah itu aktifkan kembali dengan cara memilih opsi Enable.

Jika cara diatas sudah kamu lakukan, silakan coba sambungkan kembali pada OpenVPN Client. Pasti sekarang sudah bisa digunakan dengan normal tanpa muncul notifikasi lagi.

Solusi TAP Adapter yang Hilang

Jika kamu mengikuti cara diatas dan menemukan bahwa TAP Adapter tidak ada atau menghilang, maka yang harus kamu lakukan adalah memasang ulang adapter tersebut. Caranya juga mudah kok. Ikuti langkahnya dibawah ini.

  1. Silakan download TAP Adapter dari situs OpenVPN.
  2. Kemudian klik dua kali file tersebut dan instal seperti biasa.
  3. Setelah itu cek kembali pada bagian Adapter di Windows.
  4. Jika TAP Adapter telah muncul, silakan coba hubungkan OpenVPN Client dan lihat hasilnya.

Apabila pada saat proses instalasi terhalang akibat TAP Adapter telah terpasang sebelumnya, silakan di-uninstal terlebih dulu TAP Adapter yang lawas melalui direktori berikut ini:

C:\Program Files\TAP-Windows\Uninstall.exe

Jadi setelah kamu meng-uninstall, silakan coba pasang kembali TAP Adapter yang terbaru. Dan saya juga menyarankan untuk me-restart komputer setelah selesai memasang ulang adapter dan kemudian coba hubungkan lagi program OpenVPN Client.

Baca juga: Tutorial Instalasi OpenVPN di Ubuntu 18.04 Hanya 5 Menit

Kesimpulan

Masalah yang menyebabkan hal ini terjadi adalah dari sisi adapter yang biasa digunakan oleh program OpenVPN Client. Entah itu bermasalah, sedang dipakai oleh program lain, atau justru menghilang. Namun semua hal tersebut bisa diatasi dengan kedua cara yang telah dibagikan diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap