Tutorial Menggunakan Proxy pada OpenVPN Connect

OpenVPN Connect merupakan program GUI untuk menjalankan konfigurasi file OVPN dengan mudah dan cepat. Terdapat banyak fitur lebih jika dibandingkan dengan program OpenVPN yang lama. Dan bahkan program tersebut juga tersedia pula aplikasinya untuk ponsel Android dengan tampilan yang sama.

Penggunaan dari OpenVPN Connect sangatlah mudah, pada dasarnya hanya perlu meng-impor file konfigurasi OVPN dan setelah itu memasukkan kredensial semacam informasi login username dan password ke server, dan kemudian OpenVPN akan berhasil terhubung.

Tapi tahukah kamu jika pada OpenVPN Connect juga mendukung fitur proxy. Jika kamu menggunakan fitur tersebut, maka jaringan dari VPN akan melewati proxy terlebih dahulu, alias tidak langsung (direct) dari koneksi.

Kegunaan Proxy pada OpenVPN

Walau sebenarnya memakai proxy ini tidak terlalu effisien karena akan menambah jumlah PING apabila sekiranya lokasi proxy server berbeda dengan server yang ada di konfigurasi OpenVPN. Namun beberapa orang menggunakan fitur ini untuk menyalurkan koneksi dari port tertentu. Sebagian adapula yang memakainya untuk melakukan bypass terhadap jaringan internet yang sekiranya memblokir ke VPN.

Jadi jika ditanya apakah memakai proxy ini lebih baik untuk konfigurasi OpenVPN? Hal tersebut tergantung dari apa yang sedang dilakukan.

Jika proxy server terdapat pada jaringan lokal atau sama dengan server OpenVPN, maka hal ini tidak akan mempengaruhi kualitas koneksi. Sedangkan jika proxy terdapat diluar server, maka akan terjadi penurunan dari segi kecepatan jaringan dan juga meningkatnya total PING.

Cara Menggunakan Proxy di OpenVPN Connect

Untuk saat ini proxy yang didukung untuk menghubungkan bersamaan dengan OpenVPN adalah HTTP. Selain itu, protokol OpenVPN yang didukung adalah TCP. Jadi proxy tidak bisa diterapkan pada konfigurasi OVPN yang menggunakan protokol UDP.

Dan berikut ini langkah-langkah untuk menambahkan proxy di program OpenVPN Connect baik itu di PC maupun di Android:

  1. Buka OpenVPN Connect.
  2. Klik Menu (opsi strip tiga).

    Klik Menu

  3. Dan pilih menu Proxies.

    Pilih Menu Proxy

  4. Kemudian klik tombol Tambah.

    Klik Tombol Tambah

  5. Sekarang tambahkan informasi proxynya.

    Menerapkan Proxy di OpenVPN

  6. Jika sudah, klik Save untuk menyimpannya.
  7. Setelah itu klik tombol Edit disebelah nama konfigurasi OpenVPN.

    Klik Tombol Edit

  8. Gulir kebawah sampai bagian Proxy, dan pilih nama proxy yang ditambahkan tadi.

    Menggunakan Proxies di OpenVPN Connect

  9. Tahap terakhir klik Save dan selesai.

Kamu dapat mengecek apakah proxy tersebut berfungsi tidaknya melalui bagian logs. Karena terkadang jika proxy tidak berfungsi, maka OpenVPN pun tidak akan dapat terhubung dengan benar. Tetapi jika OpenVPN berhasil terhubung, rata-rata tak ada masalah terhadap proxy tersebut.

Baca juga: Mengatasi OpenVPN Error: All Tap Adapters are Currently in Use

Dan sebagai tambahan, apabila proxy yang kamu gunakan membutuhkan autentikasi username dan password, maka silakan beri checklist pada opsi Basic Authentication pada saat menambahkan proxy tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *