Tutorial Install MySQL di Ubuntu

Tutorial Install MySQL di Ubuntu

MySQL sering kali dipakai untuk menyimpan database dengan mudah dan cepat. Selain itu banyak pula tutorial di internet terkait database jenis ini. Dan sekarang saya ingin membagikan tutorial instalasi MySQL server di Ubuntu.

Pemasangan MySQL tidaklah sulit, ini cepat layaknya memasang Apache web server. Hanya perlu beberapa klik dan sedikit konfigurasi, dan MySQL server sudah siap untuk digunakan dalam mengoperasikan database.

Cara Install MySQL di Ubuntu

Hanya beberapa langkah saja yang perlu kamu ikuti, dan langsung saja silakan ikuti mulai dari yang pertama.

1. Memperbarui Repository

Supaya tidak ada paket yang tertinggal ketika proses pemasangan, maka saya sarankan untuk memperbarui repository terlebih dahulu menggunakan perintah seperti biasanya.

sudo apt-get update

2. Instalasi MySQL

Setelah repository sudah diperbarui, berikut ini perintah untuk meng-install MySQL server.

sudo apt install mysql-server -y

Proses instalasi berlangsung sekitar 1 atau 3 menit, jadi silakan tunggu sampai selesai. Dan apabila sudah selesai, silakan gunakan perintah dibawah ini untuk mengecek versi MySQL saat ini.

mysql --version

Mengecek Versi MySQL di Ubuntu

3. Konfigurasi MySQL

Untuk mulai menggunakan MySQl server yang baru saja terpasang, perlu konfigurasi terlebih dahulu untuk mengatur beberapa hal seperti password. Langkah ini juga dimaksudkan untuk mengamankan informasi MySQL pada saat selesai proses instalasi, supaya tidak dibiarkan default. Berikut ini perintahnya.

sudo mysql_secure_installation

Setelah itu kamu akan diminta untuk menjawab “ya atau tidak” terhadap beberapa pertanyaan yang tampil, mulai dari pengisian password, penghapusan file database testing, dan lain-lain. Silakan jawab sesuai kebutuhan, dan apabila bingung, maka silakan jawab dengan y semua.

Konfigurasi Awal MySQL

4. Memastikan Proses MySQL Telah Berjalan Normal

Untuk mengetahui dengan pasti apakah proses MySQL telah berjalan tanpa ada kesalahan sama sekali, silakan pakai perintah ini.

sudo systemctl status mysql

Status MySQL Telah Berjalan

Jika statusnya adalah “Active (running)“, itu tandanya MySQL telah beroperasi atau berjalan dengan baik. Itu juga ditandai dengan teks hijau yang tampil disana.

5. Mencoba Masuk ke MySQL

Tahap terakhir, yaitu mencoba masuk ke MySQL server menggunakan informasi default. Ini dia perintahnya.

sudo mysql -u root

MySQL Telah Berhasil Terpasang

Apabila dimintai password, silakan masukkan sesuai password yang kamu setel pada saat membuat konfigurasi di langkah ke-3. Dan jika berhasil masuk, kini kamu sudah bisa mengoperasikan segalanya termasuk meng-input query MySQL sesuka hati.

Baca juga: Cara Backup Database MySQL di Linux Melalui Terminal


Itulah beberapa langkah untuk meng-install MySQL server di Ubuntu. Ketika MySQL telah terpasang, tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat username baru atau bisa juga memakai username root, jadi kamu hanya perlu membuat databasenya saja.

Gambaran dari tutorial diatas langsung saya ambil pada saat instalasi MySQL di VPS Ubuntu versi 18.04, serta bisa juga diterapkan pada versi keatasnya, Dan apabila ada yang ingin ditanyakan, langsung saja tuliskan kendalanya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.