≡ Menu

Cara Membuat SOCKS5 Proxy di VPS Ubuntu

Cara Membuat SOCKS5 Proxy di VPS Ubuntu

Pada dasarnya proxy memiliki banyak sekali kegunaan. Tak hanya dipakai untuk melindungi privasi terkait alamat IP saja, namun juga sering digunakan untuk melakukan data research di internet dan juga web scrapping.

Proxy juga dibedakan dari beberapa jenis. Ada yang HTTP, HTTPS, SOCKS4, dan SOCKS5. Semua dari itu memiliki perbedaan tersendiri terhadap fungsionalnya. Dan pada artikel ini, Saya ingin membagikan tentang tutorial membuat proxy dengan jenis SOCKS5 yang paling mudah untuk dilakukan.

Ini nyaris sama seperti pengelolaan Squid Proxy, hanya saja menurut saya lebih simpel lagi, karena settingan yang perlu diatur pada dasarnya tidak banyak.

Tutorial Membuat SOCKS5 Proxy di Ubuntu

Cara ini sebenarnya juga bisa diterapkan pada OS Debian. Tak ada salahnya untuk dicoba. Dan disini, saya menggunakan Ubuntu versi 16.04 dan package bernama Dante untuk pembuatan proxy-nya. Silakan langsung saja ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Install Dante

Sebenarnya kamu bisa langsung menginstall Dante melalui APT, hanya saja versi yang didapat bukan yang terbaru. Namun Saya sangat menyarankan untuk memasang versi yang terbaru, jadi silakan gunakan perintah berikut ini untuk mulai memasangnya.

sudo apt update
wget http://ppa.launchpad.net/dajhorn/dante/ubuntu/pool/main/d/dante/dante-server_1.4.1-1_amd64.deb
sudo apt-get install gdebi-core -y
sudo gdebi dante-server_1.4.1-1_amd64.deb

Proses pemasangan menggunakan bantuan gdebi. Dan apabila pada akhirnya muncul pesan berwarna merah, itu tidak masalah mengingat konfigurasi belum diatur dengan benar. Jadi silakan lanjut ke langkah ke-dua untuk mengatur konfigurasi tersebut.

2. Atur Konfigurasi Dante

Hanya beberapa konfigurasi yang dapat kamu atur, seperti autentikasi dan port. Langsung saja berikut ini perintah untuk menuju file konfigurasi Dante:

nano /etc/danted.conf

Setiap opsi memiliki tanda comments sebagai petunjuk, layaknya seperti mengatur Squid Proxy. Contoh setelan yang Saya gunakan adalah sebagai berikut:

# /etc/danted.conf

logoutput: syslog
user.privileged: root
user.unprivileged: nobody

# The listening network interface or address.
internal: 0.0.0.0 port=1080

# The proxying network interface or address.
external: eth0

# socks-rules determine what is proxied through the external interface.
# The default of "none" permits anonymous access.
socksmethod: username

# client-rules determine who can connect to the internal interface.
# The default of "none" permits anonymous access.
clientmethod: none

client pass {
        from: 0.0.0.0/0 to: 0.0.0.0/0
        log: connect disconnect error
}

socks pass {
        from: 0.0.0.0/0 to: 0.0.0.0/0
        log: connect disconnect error
}

Kamu bisa mengaturnya sesuka hati, dan setelan diatas akan membuat Dante berjalan pada port 1080. Selain itu, proxy juga akan membutuhkan username dan password untuk bisa memakainya. Jika kamu ingin menghilangkan autentikasi tersebut dan ingin membuatnya sebagai proxy publik, silakan atur socksmethod sebagai none.

Baca juga: Cara Setting Proxy di Terminal Linux

Jalankan Dante dan Tes Proxy SOCKS5

Kini setelah konfigurasi sudah diatur, kamu bisa menjalankannya dengan perintah ini:

service danted start

Dan untuk mengetahui status apakah Dante berjalan dengan benar, gunakan perintah berikut:

service danted status

Apabila tidak muncul notif berwarna merah, berarti Dante telah berjalan dengan normal. Dan sekarang waktunya untuk mengetes apakah Proxy SOCKS5 bisa digunakan. Silakan gunakan perintah dibawah ini:

curl -v -x socks5://user:[email protected]<ALAMAT_IP>:1080 http://www.google.com/

Silakan ubah beberapa hal diatas, antara lain adalah username, password, dan alamat IP server yang diguankan sebagai proxy. Kecuali apabila kamu mengatur proxynya sebagai publik, maka silakan hilangkan bagian user dan password.

Jika kode HTML dari situs web Google muncul pada terminal, berarti proxy tersebut berfungsi dengan baik. Dan sekarang kamu bisa menggunakan proxy tersebut untuk berbagai hal. Entah dipakai pada browser, atau digunakan pada suatu program.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment