≡ Menu

Solusi Termux Tidak Bisa Akses Kartu Memori

Termux merupakan aplikasi terminal di Android yang dapat menjalankan seluruh perintah Linux. Meski ponsel tidak dalam kondisi rooted, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk memasang paket lho. Walau saat ini ada banyak aplikasi terminal yang serupa, namun Termux adalah salah satu yang paling populer.

Masalah yang hadir pada Termux sebenarnya cuma satu, yaitu tidak bisa mengakses kartu memori. Dan hal tersebut sebenarnya hanya terjadi pada beberapa jenis ponsel saja. Jadi ketika mencoba menuju direktori kartu memori, akan muncul tulisan “permission denied“.

Dari notif tersebut, sudah bisa disimpulkan bahwa kendalanya disebabkan dari perizinan ke kartu memori. Dan normalnya, Termux akan memberikan dialog perizinan penyimpanan pada layar. Namun di beberapa ponsel, dialog tersebut tidak muncul.

Mengatasi Termux Tidak Bisa Mengakses Kartu Memori

Solusinya sangatlah sederhana, kamu hanya perlu mengizinkan akses penyimpanan secara manual terhadap aplikasi Termux. Itu dapat dilakukan pada pengaturan aplikasi, dan berikut ini cara lengkapnya:

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.

    Ketuk Menu Aplikasi

  3. Pilih Aplikasi Termux.

    Pilih Termux

  4. Kemudian gulir kebawah dan ketuk pada bagian Izin atau Perizinan.

    Ketuk menu Izin

  5. Lalu ketuk pada bagian Penyimpanan.

    Mengatasi Termux Tidak Bisa Mengakses Kartu Memori

  6. Dan atur sebagai Izinkan.

    Solusi Termux Tidak Bisa Akses Kartu Memori

Setelah melakukan langkah diatas, cobalah masuk kembali ke aplikasi Termux dan akses kartu memori, pasti kini sudah bisa dan tidak muncul notifikasi permission denied lagi.

Pada sebagian ponsel mungkin memiliki menu yang sedikit berbeda untuk menuju bagian perizinan aplikasi. Dan cara diatas diterapkan pada ponsel Samsung. Tapi yang pasti, opsi perizinan selalu ada pada pengaturan aplikasi.

Baca juga: Menonaktifkan Lokasi untuk Aplikasi Tertentu di Android

Kesimpulan

Kendala tidak bisanya mengakses kartu memori pada Termux adalah terkait perizinan penyimpanan yang tertolak. Baik itu tidak munculnya dialog, atau salah menekan tolak ketika dialog perizinan itu muncul.

Dan solusinya adalah mengizinkan secara manual pada pengaturan aplikasi. Dengan begitu kamu dapat mengakses kartu memori dan mengelola isi didalamnya. seperti mengubah file, menghapus, dan lain-lain.

Apabila kamu mengalami kesulitan ketika menerapkan langkah yang ada diatas, silakan komentar mengenai kendalanya, dan saya akan membantu untuk mempermudahnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment