≡ Menu

Solusi Mengatasi FPS Drop pada Game Mobile Legends

Solusi Mengatasi FPS Drop pada Game Mobile Legends

Kejadian FPS Drop atau Freeze yang ada pada game Mobile Legends tentunya akan mempengaruhi kenyamanan dalam bermain. Memungkinkan player tidak dapat melakukan tindakan secara maksimal saat pertandingan, apalagi ketika sedang dalam kondisi war.

Kendala FPS Drop biasanya disebabkan akibat spesifikasi perangkat yang kurang mencukupi. Namun di lain sisi, hal ini juga bisa disebabkan akibat kesalahan dalam setelan game. Sebagai contohnya mengatur kualitas game ke paling tinggi.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Kamu bisa mengikuti semuanya mulai dari yang pertama. Pastinya FPS Drop takkan ditemui lagi dan bisa bermain game nyaman kembali seperti sebelumnya.

Mengatasi FPS Drop di Game Mobile Legends

1. Mengatur Kualitas Grafis Game

Yang pertama adalah memastikan kualitas grafis pada game sesuai terhadap spesifikasi perangkat yang kamu gunakan. Jadi apabila ponsel kamu setara pada kelas mid-end, saya sarankan untuk menggunakan setelan Medium.

Tidak perlu memaksakan ke setelan High atau Ultra, karena yang terpenting adalah kelancaran saat pertandingan. Lagipula setelan Medium jauh lebih baik ketimbang Low. Kecuali jika spesifikasi ponsel kamu termasuk low-end, sangat disarankan untuk memilih setelan Low.

2. Menghentikan Aplikasi Lain yang Berjalan

FPS Drop atau throtling juga bisa disebabkan dari aplikasi lain yang sedang berjalan pada latar belakang. Karena kapasitas RAM bebas yang minim akibat digunakan oleh aplikasi lain. Untuk itu, silakan hentikan terlebih dahulu aplikasi lain sebelum membuka game.

Pada beberapa ponsel juga terdapat aplikasi untuk menghentikan aplikasi di latar belakang secara otomatis, kamu bisa mengaktifkan itu. Atau jika tidak ada, silakan pasang aplikasi CCleaner pada Play Store.

3. Matikan Mode High Frame Rate

Mode High Frame Rate (HFR) memang mampu membuat game tampak lebih halus dari biasanya. Akan tetapi untuk beberapa perangkat justru bisa menyebabkan masalah, salah satunya adalah FPS Drop. Selain itu dengan mengaktifkan fitur ini juga bisa membuat baterai cepat terkuras.

Jadi apabila kamu saat ini menggunakan fitur HFR, silakan matikan terlebih dahulu dan kemudian cobalah lihat perbedaannya.

4. Atur Resolusi Rendah pada Ponsel

Barangkali ponsel yang kamu pakai memiliki fitur untuk mengatur resolusi layar. Jika pada Samsung, itu terdapat pada bagian Setelan > Tampilan > Resolusi. Dan sebagai saran, silakan atur resolusinya ke paling rendah, misalnya HD.

Di beberapa ponsel, resolusi layar diatur sebagai Full HD sebagai default, hal ini akan membuat GPU bekerja lebih keras ketika game sedang berlangsung. Tapi dengan membuat resolusinya lebih kecil, pastinya GPU bisa berjalan normal dan kamu takkan menemui kendala FPS Drop lagi.

5. Kesalahan pada Sistem Game

Siapa tahu masalah ini disebabkan dari sistem game dan bukan dari ponsel atau setelan. Karena kejadian ini sebelumnya juga pernah terjadi namun sudah pernah dibetulkan pada pembaruan selanjutnya.

Ada fitur cleaning otomatis pada game Mobile Legends, dan kemungkinan itu berlangsung pada waktu yang kurang tepat, sehingga masalah FPS Drop ini timbul dan menyebabkan lag/macet yang tidak karuan untuk sekejap.

Selama masalah ini dari sistem Mobile Legends, kamu hanya perlu menunggu pembaruan selanjutnya terhadap versi game. Atau jika saat ini kamu belum pernah memperbaruinya, silakan lakukan update sekarang juga di Play Store atau Apps Store.

Baca juga: Cara Mengubah Nama di Game Mobile Legends


Kebanyakan pengguna mengalami kejadian ini karena mengatur setelan grafis terlalu tinggi, sedangkan spesifikasi ponsel kurang memadai untuk setelan tersebut. Sehingga FPS akan langsung Drop pada saat bertarung, apalagi ketika terdapat banyak efek skill yang dikeluarkan oleh suatu hero.

Jika kamu memiliki solusi lain kecuali yang telah disebutkan diatas, sangat dipersilakan untuk membagikannya juga di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap